Senin 30 Desember 2019, 22:17 WIB

Menteri KKP Siagakan Kapal Pengawas di Perairan Natuna

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Menteri KKP Siagakan Kapal Pengawas di Perairan Natuna

MI/Aries Munandar
Ilustrasi nelayan pencuri ikan

 

SEKJEN Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo, mengatakan bahwa saat ini keberadaan kapal pengawas Indonesia dari seluruh unsur Bakamla, KKP, dan KRI tetap berada dilaut.

Dirinya juga menjelaskan bahwa meski di akhir tahun anggaran kapal pengawas tetap berada di laut. "Bahkan Menteri KKP Edhy Prabowo sudah memerintahkan kapal KKP dalam beberapa terakhir ada di Keplauan Natuna," kata Nilanto kepada Metro TV saat dihubungi, Senin (30/12).

Sebelumnya, nelayan Natuna merekam sebanyak 20 kapal asing berbendera Vietnam melakukan penangkapan ikan secara ilegal dikawasan peraiaran Indonesia. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Nilanto.

"Informasi ini benar adanya, yang berhasil merekam yang jumpai di laut mulai sejak oktober dan Desember. Kami pastikan seluruh unsur sudah ada di laut, kapal asing itu juga merupakan diluar jangkauan kami," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI A Taufiqurrahman membantah lenggangnya pengawasan bukan berasal dari menurunnya anggaran.

"kalau anggaran tidak terkait dengan pergantian mentri karena sudah dilakuakn di awal tahun. Memang sisi anggaran di Bakamla sendiri bahwa kami hanya 30% jadi tidak terkait pergantian pejabat," jelasnya.

Selain itu, menurut Taufiq peledakan kapal asing tidak berpengaruh karena perlu disadari bahwa laut tidak bisa dipagari dan tidak bisa diduduki.

"Laut hanya bisa dikendalikan, pengendalikan yang efektif adalah menggelar kekuatan pada waktu yang tepat. Dengan keterbatasan anggaran tidak selalu hadir tetapi pengawasan dikedepannkan," ungkap Taufiq

Diketahui bahwa selama Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Menteri KKP sebanyak 693 kapal asing ditangkap dimana 81% melanggar batas zona ekonomi ekslusif (ZEE) Indonesia. kapal terbanyak berasal dari Vietnam sebanyak 234 kapal, Malaysia 72 kapal, Philipina 58 kapal, dan Thailand 7 kapal.

Kabar terbaru, kapal pengawas KKP sedang kembali menuju Pontianak dengan membawa 3 kapal Vietnam yang berhasil ditangkap. Dan saat ini sudah mendekati Kalimantan. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Hadiah Sepeda kepada KSP Dicatat jadi Barang Milik Negara

👤Antara 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:54 WIB
Awalnya disebutkan dalam rilis KSP bahwa 15 sepeda itu ditujukan untuk Presiden Joko Widodo, namun KSP kemudian meralat pernyataan...
MI/Susanto

KPK Tangkap Pemberi Suap Nurhadi

👤 Tri Subarkah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:33 WIB
Ali mengatakan bahwa saat ini Hiendra sudah berada di Kantor KPK. Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) itu masih diperiksa oleh...
MI/ADAM DWI

Wapres: Medsos Bikin Masyarakat Sulit Percaya Pemimpin Bangsa

👤Antara 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:06 WIB
Di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat seolah-olah sulit menaruh kepercayaan kepada pemimpin bangsa, kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya