Senin 30 Desember 2019, 14:05 WIB

Presiden Minta Kota Lama Semarang Dijaga dan Dirawat

Haryanto Mega | Humaniora
Presiden Minta Kota Lama Semarang Dijaga dan Dirawat

Antara
Kawasan kota lama Semarang

 

PRESIDEN Joko Widodo minta agar kawasan kota lama Semarang di jaga dan dirawat karena warisan pusaka yang sudah didaftar sebagai warisan budaya dunia di Unesco.

''Apapun ini adalah warisan, heritage yang harus terus dijaga,'' tegas Presiden saat istirahat bersepeda keliling kota lama Semarang, Senin (30/12).

Jokowi menilai kota lama Semarang saat ini sudah bagus tetapi masih harus banyak diisi kegiatan agar menjeadi lebih hidup.

"Sudah baik tinggal isian harian yang harus diisi seperti kegiatan seni budaya. Mungkin di sini galeri dan resto dihidupkan sehingga juga
mengangkat pertumbuhan ekonomi kota Semarang maupun Jawa Tengah," jelasnya yang dalam kunjungannya didampingi sejumlah menteri.

Kawasan Kota Lama Semarang diproyeksikan menjadi pusat industri kreatif atau creative hub Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana, maka
penting  mengisi Kawasan Kota Lama dengan berbagai kegiatan. Mulai aktivitas seni-budaya hingga ekonomi kreatif.

"Mungkin ke depan Kota Lama ini menjadi sebuah creative hub bagi Jawa Tengah. Ini sudah direstorasi dengan baik, sekarang yang penting ada aktivitas yang baik terutama berkaitan dengan ekonomi kreatif dan industri kreatif Kota Semarang dan Jawa Tengah," kata Presiden.

Dia mengungkapkan, kawasan kota lama Semarang tersebut telah direstorasi selama dua tahun dengan anggaran kurang lebih Rp170 miliar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan mempersiapkan supaya kota lama menjadi sebuah creative hub bagi Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang fokus mengembangkan kawasan kota lama Semarang. Salah satunya menjadikan kota lama Semarang menjadi destinasi wisata serta pusat aktivitas dan kreativitas masyarakat.

"Di tiap sudut Kota Lama ini bisa dipakai untuk pertunjukan seni atau pameran karya, juga pameran industri kreatif. Ini sedang kami kembangkan," katanya. (OL-11)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More