Senin 30 Desember 2019, 14:05 WIB

Presiden Minta Kota Lama Semarang Dijaga dan Dirawat

Haryanto Mega | Humaniora
Presiden Minta Kota Lama Semarang Dijaga dan Dirawat

Antara
Kawasan kota lama Semarang

 

PRESIDEN Joko Widodo minta agar kawasan kota lama Semarang di jaga dan dirawat karena warisan pusaka yang sudah didaftar sebagai warisan budaya dunia di Unesco.

''Apapun ini adalah warisan, heritage yang harus terus dijaga,'' tegas Presiden saat istirahat bersepeda keliling kota lama Semarang, Senin (30/12).

Jokowi menilai kota lama Semarang saat ini sudah bagus tetapi masih harus banyak diisi kegiatan agar menjeadi lebih hidup.

"Sudah baik tinggal isian harian yang harus diisi seperti kegiatan seni budaya. Mungkin di sini galeri dan resto dihidupkan sehingga juga
mengangkat pertumbuhan ekonomi kota Semarang maupun Jawa Tengah," jelasnya yang dalam kunjungannya didampingi sejumlah menteri.

Kawasan Kota Lama Semarang diproyeksikan menjadi pusat industri kreatif atau creative hub Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana, maka
penting  mengisi Kawasan Kota Lama dengan berbagai kegiatan. Mulai aktivitas seni-budaya hingga ekonomi kreatif.

"Mungkin ke depan Kota Lama ini menjadi sebuah creative hub bagi Jawa Tengah. Ini sudah direstorasi dengan baik, sekarang yang penting ada aktivitas yang baik terutama berkaitan dengan ekonomi kreatif dan industri kreatif Kota Semarang dan Jawa Tengah," kata Presiden.

Dia mengungkapkan, kawasan kota lama Semarang tersebut telah direstorasi selama dua tahun dengan anggaran kurang lebih Rp170 miliar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan mempersiapkan supaya kota lama menjadi sebuah creative hub bagi Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang fokus mengembangkan kawasan kota lama Semarang. Salah satunya menjadikan kota lama Semarang menjadi destinasi wisata serta pusat aktivitas dan kreativitas masyarakat.

"Di tiap sudut Kota Lama ini bisa dipakai untuk pertunjukan seni atau pameran karya, juga pameran industri kreatif. Ini sedang kami kembangkan," katanya. (OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok: Istimewa

Jusuf Kalla Tiba di Arab Saudi untuk Finalisasi Desain Museum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 07:42 WIB
Kunjungan ke Saudi merupakan tindak lanjut pendirian museum internasional di Jakarta yang groundbreaking-nya telah dilaksanakan pada 26...
Dok.MI

Pemerintah Klaim 70% obat Bisa Diproduksi di Dalam Negeri

👤Antara 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:00 WIB
Paracetamol yang merupakan obat dasar masih diperoleh Indonesia dengan mengimpor dari India. Sekarang sudah punya produsen paracetamol di...
Sumber: LIPI/Tim Riset MI-NRC

Manfaat Mikrob dalam Produk Probiotik

👤(Atikah IshmahWinahyu/H-2) 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:00 WIB
INDONESIA memiliki kekayaan alam yang sangat beragam, termasuk di dalamnya ialah mikroorganisme atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya