Senin 30 Desember 2019, 11:39 WIB

Wisata Religi Al Quran Raksasa Digandrungi Wisatawan

Dwi Apriani | Nusantara
Wisata Religi Al Quran Raksasa Digandrungi Wisatawan

MI/Dwi Apriani
Wisatawan memadati Bayt Al Quran Al Akbar, sebuah tempat wisata religi di Palembang yang ramai dipadati pengunjung.

 

WISATA religi masih menjadi pilihan masyarakat saat akhir pekan, terutama saat momen libur sekolah. Termasuk saat momen libur Natal dan Tahun Baru yang tengah berlangsung saat ini. Salah satunya di lokasi wisata religi Bayt Al Quran Al Akbar yang berlokasi di Jalan M. Amin Fauzi, Soak Bujang (Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah), Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Ratusan wisatawan terlihat memadati lokasi wisata religi tersebut, Senin (30/12/2019). Inisiator dan Pembuat Bayt Al Quran Al Akbar, Syofwatillah Mohzaib mengatakan, di momen libur Natal dan Tahun Baru memang membuat pengunjung cukup memadati lokasi wisata Al Quran Raksasa tersebut.

"Sudah beberapa hari pengujung ramai ke sini. Di momen Natal dan Tahun Baru ini setiap harinya ribuan pengujung ke sini. Seperti siang ini tercatat sudah ada 3.000 pengujung dan kami prediksi bisa sampai 5.000 pengujung," kata dia.

Disebutkannya, bahwa pada hari biasa hanya ratusan pengujung, namun sekarang mencapai ribuan orang. Bahkan diprediksi puncaknya pada 31 Desember mendatang, pengunjung bisa di atas 5.000 orang.

"Alhamdulillah umat Islam di Sumatra Selatan maupun luar Sumsel begitu antusias ingin datang kemari dan semakin senang serta cinta dengan Al-Quran," kata Mohzaib.

Ia menjelaskan Al Qur'an Al Akbar ini merupakan ukiran khas Palembang satu-satunya yang ada di dunia, isinya sama seperti Al Qur'an yang ada di rumah masing-masing. Al Quran  Al Akbar ini dibuat dari kayu tembesu. Di samping untuk memuliakan Al Quran juga agar mushaf ini awet dan tahan lama. Karena kayu tembesu ini kayu terbaik dan berkelas.

"Ssebelumnya di sini hanya ada Bayt Al Qur'an Al Akbar, saat ini selain bisa melihat Bayt Al Quran Al Akbar, selfie dan foto-foto juga bisa menambah wawasan dengan acara Ngopi Bareng. Ngopi ini sebuah singkatan yang artinya ngobrolin petunjuk ilahi, jadi mengupas tentang Al-Quran," bebernya.

Selain itu di Bayt Al Qur'an Al Akbar juga tersedia produk minuman alkali yang berupa air mineral yang sudah dibacakan doa dan dibacakan Al Qur'an 30 juz oleh ratusan anak santri. Kemudian bagi yang suka kaligrafi bisa membuat nama kaligrafi dengan membayar Rp20 ribu saja.

"Al Quran Al Akbar ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk harga tiketnya Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak. Untuk tiket masuk ini bebas sepuasnya tanpa dibatasi waktunya, jadi Anda bisa bebas berfoto, selfie dan lain-lain di sini," ungkapnya.

Nurul Atiqah, warga Riau, mengatakan dirinya datang ke Palembang untuk berkunjung ke rumah keluarga. Selain itu juga untuk berwisata selama liburan akhir tahun bersama anak dan suaminya.

"Kami jauh-jauh kesini untuk melihat Al Quran raksasa yang sangat terkenal di Palembang. Anak-anak diajak kesini agar lebih mendalami ilmu agama," kata dia.

baca juga: Malam Tahun Baru, Sejumlah Puncak Gunung Api di Jateng Ditutup

Sementara itu, Hafizah Kurniawan, warga Palembang menerangkan, khusus tahun ini ia dan keluarga tidak keluar kota. Karenanya, lokasi wisata religi pun menjadi tujuan wisata di tahun ini.

"Kami sudah beberapa kali kesini, dan beruntungnya keluarga saya tidak pernah bosan. Disini keluarga saya bisa membaca Al Quran dari mushaf yang ada di Al Quran Raksasa ini. Dan disini memang sangat tepat untuk mendalami ilmu Alquran," tandasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More