Senin 30 Desember 2019, 06:00 WIB

Penghujung Tahun Kawasan CFD Lengang

Insi Nantika Jelita/J-3 | Megapolitan
Penghujung Tahun Kawasan CFD Lengang

MI/Insi Nantika Jelita
Suasana car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, tidak ramai dipadati warga.

 

GERIMIS yang turun sejak pukul 06.00 WIB membuat suasana car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, tidak ramai dipadati warga. Sepanjang jalan di kawasan Sarinah, misalnya, warga disibukkan dengan lari kecil dan ber-selfie ria.

Tampak pesepeda juga melakukan aktivitasnya di jalur sepeda yang dekat dengan kerumunan warga saat sedang berlari atau jalan. Seorang warga bernama Chio, 28, mengaku aktivitas CFD di penghujung tahun ini kelihatan lengang dari biasanya.

“CFD sebelumnya ramai daripada hari ini. Sejauh ini aman saja, pedagang kaki lima (PKL) juga sudah enggak kelihatan di sini (kawasan Sarinah hingga Bundaran),” kata Chio, kemarin.

Petugas Satpol PP Jakarta Barat, Hendro, membenarkan warga yang datang CFD kali ini tidak seramai seperti biasa. Dari pantauan Media Indonesia, kerumunan warga berada di titik Bundaran Hotel Indonesia.

“Alhamdulillah dengan cuaca seperti ini berkurang hingga 50% warga yang datang. Biasanya padat banget. Para PKL juga sudah tidak ada lagi yang berjualan di sini,” tutur Hendro.

Penataan PKL dalam kegiatan CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin sudah mulai dilakukan sejak (3/11) lalu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penataan PKL di HBKB dengan membaginya menjadi tiga zona, yakni zona hijau, zona kuning, dan zona merah.

Zona hijau, pedagang yang berjualan di sekitar Jalan Sumenep, Jalan Pamekasan, Jalan Sunda, Jalan Blora, Jalan Kebon Kacang, dan Jalan Galunggung, Pasar Karet Baru.

Untuk zona kuning, pedagang boleh berjualan, tetapi di trotoar, tidak boleh turun ke jalan dan tidak boleh menggunakan tenda. Ini berada dari Patung Kuda sampai simpang Sarinah.

Untuk zona merah, pedagang sama sekali tidak boleh berdagang, yaitu yang berada dari Sarinah sampai Dukuh Atas.

“Suasana di jalan jadi kelihatan bersih, gak numpuk orang di pinggir jalan, enak buat olahraga,” terang Adit, salah satu pengunjung.

Sementara itu, panggung hiburan untuk merayakan Tahun Baru di Bundaran HI tengah didirikan. Banyak warga yang berlalu lalang di sekitar panggung dan berswafoto.

“Lumayan ramai yang datang ke sini. Panggungnya juga sudah ada. Saya kebetulan dari Sidoarjo, datang ke sini untuk main dan CFD tadi. Sudah enggak ada PKL ya, kelihatan rapi,” kata Ziah, di Bundaran HI, Jakarta, kemarin.

Ziah mengaku kawasan CFD Sudirman-Thamrin jauh lebih baik dan tertata jika dibanding dengan tiga tahun lalu saat dia ke berkunjung ke kawasan CFD. Ia berharap kondisi ini bisa dipertahankan. (Insi Nantika Jelita/J-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More