Senin 30 Desember 2019, 00:00 WIB

BKKBN Rancang Materi Kesehatan Reproduksi untuk Kurikulum

Aiw/H-3 | Humaniora
BKKBN Rancang Materi Kesehatan Reproduksi untuk Kurikulum

MI/ BARY FATHAHILAH
Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal.

 

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tengah merancang materi pendidikan kesehatan reproduksi untuk diintegrasikan dalam kurikulum nasional.

“Yang paling mungkin ialah integrasi dengan kurikulum pendidikan olahraga dan kesehatan jasmani (Penkesro),” jelas Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal kepada Media Indonesia, kemarin. Materi Penkesro, imbuh Nofrijal akan memuat kesehatan reproduksi ditinjau dari aspek medis dan nonmedis.

Saat dihubungi terpisah, pengamat pendidikan Cecep Darmawan menilai, rencana integrasi tersebut harus dijalankan dengan catatan, yakni materi harus dipilah sesuai dengan perkembangan siswa serta pelatihan bagi guru yang memberikan materi kepada siswa. “Pemilahan materi bertujuan untuk menjauhkan pendidikan dari unsur pornografi. Gunakan bahasa yang edukatif, tidak vulgar, dan lakukan riset dalam pemilahan materi bahan ajar,” imbuh Cecep.

Sebelumnya Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem. Keduanya bersepakat untuk memasukkan materi kesehatan reproduksi di sekolah. (Aiw/H-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More