Minggu 29 Desember 2019, 20:03 WIB

Polisi Sterilisasi Sejumlah Ruas Jalan Malam Tahun Baru

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Polisi Sterilisasi Sejumlah Ruas Jalan Malam Tahun Baru

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Pekerja tengah menyelesaikan proyek panggung hiburan menyambut tahun baru 2020 di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/12).

 

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan saat malam pergantian tahun baru 2020 pada Selasa (31/12) akan diberlakukan Car Free Night (CFN). 

Oleh karena itu, ia memastikan sejumlah ruas jalan di Ibu Kota akan sterilisasi dari kendaraan bermotor.

"Yang pertama ini wilayah Car Free Day ya, CFD itu yang Thamrin-Sudirman, sama Medan Merdeka Selatan akan jadi titik CFN, tambahannya cuma Medan Merdeka Selatan aja," kata Yusuf kepada Media Indonesia, Minggu (29/12)

Menurutnya, Car Free Night mulai diberlakukan mulai pukul 17.00 WIB hingga kegiatan itu selesai pagi harinya. Dengan demikian, akan ada beberapa daerah yang dialihkan lalu lintas dan setiap pertigaan telah disiapkan personil Satlantas serta Sabhara.

"Mulai ditutup 17.00 WIB jadi tanggal 31 Desember jam 17.00 sudah ditutup. Kalau ini sampai selesai, car free day kan cuma sampai jam 11 siang, kalau ini smpai selesai," sebutnya.

Yusuf menambahkan, sejumlah tempat wisata dan titik-titik keramaian akan menjadi prioritas pengamanan melalui Operasi Lilin 2019 dari pihak kepolisian yang dibantu dengan TNI, serta komponen masyarakat.

"Khususnya pada malam Tahun Baru nanti, ada titik-titik massa yang banyak berkumpul sudah kita persiapkan pengamanannya, lokasi wisata tahun ini di Monas, Ancol, Kota Tua, TMII dan Ragunan," terangnya.

Menurutnya, akses menuju lokasi wisata itu nantinya akan dilakukan pengaturan lalulintas. Apalagi sedikitnya 10 ribu personel gabungan dari TNI-Polri serta Pemerintah Daerah telah disiagakan.

"Buka tutup (mencegah macet) aja, hanya dialihkan, kosong dimasukin lagi, gitu bos, supaya ngak sampe stuck," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono menyebut Jalur Puncak, Kabupaten Bogor juga akan dilakukan sterilisasi kendaraan pada perayaan malam tahun baru. Sehingga, hanya diperkenankan lintasan di jalur sekitar 22 kilometer untuk perjalan kaki.

“Steril dari kendaraan motor juga ga boleh, semua jalan kaki. Ini steril semua karena kantong-kantong parkir disiapkan,” sebutnya

Dia mengimbau bagi masyarakat yang bermalam tahun baru di Jalur Puncak, untuk memasuki Jalur Puncak sebelum pemberlakuan CFN. Begitu juga sebaliknya, dimana kendaraan yang berada di Jalur Puncak tidak diperkenankan melintas saat pemberlakuan CFN.

“Yang di atas tidak bisa turun, pukul 18.00 WIB ditutup baik ke atas atau ke bawah. Saya harapkan masyarakat yang akan berlibur ke Puncak mengikuti terus (informasinya),” terangnya

Ia berharap jajaran Polda Jawa Barat terus konsisten memberikan informasi ke masyarakat mengenai situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, seperti melalui media sosial Instagram.

Baca juga: 7.000 Petugas Kebersihan Dikerahkan Saat Malam Tahun Baru Jakarta

Berikut rekayasa lalu lintas dalam rangka pergantian tahun 2020. Penutupan jalan di Jalan Medan Merdeka Selatan mulai pukul 17.00 sampai selesai pagi hari, 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

1. Pukul 14.00 WIB, penutupan Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman dimaksud untuk mengkondisikan sekaligus mensterilkan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara (memperhatikan situasi di lapangan)

1. Pukul 17.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 01.00 WIB, penutupan jalan dari arah Utara menuju Selatan dan sebaliknya mulai dari Simpang Harmoni sampai dengan Bundaran Senayan secara keseluruhan

3. Pukul 20.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 01.00 WIB, pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat maupun arah barat ke timur pada Simpang Jalan Budi Kemuliaan

4. Jalan Medan Merdeka Selatan, Simpang Jl. Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin, Simpang Jalan Wahid Hasyim – Jalan MH Thamrin, dan Bundaraan HI ditutup total. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More