Minggu 29 Desember 2019, 13:45 WIB

NasDem Dorong Daya Saing Masyarakat

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
NasDem Dorong Daya Saing Masyarakat

Dok. Pribadi
Reses anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai NasDem Syamsul Luthfi

 

PARTAI NasDem meneguhkan kehadirannya melalui program yang berdampak langsung terhadap pertumbuhan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya melalui pembinaan wirausaha generasi milenial guna mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kokoh dan berkesinambungan.

"Kami ingin roda ekonomi masyarakat bergerak supaya kesejahteraan merata di Lombok, khususnya Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Maka dalam program reses saya mengembangkan ekonomi umat atau kerakyatan yang menyasar generasi muda," kata Anggota Komisi II DPR RI asal Fraksi NasDem Syamsul Luthfi kepada Media Indonesia, Minggu (28/12/2019).

Syamsul menggunakan masa dan anggaran resesnya untuk kepentingan masyarakat khususnya melalui program peningkatan daya saing ekonomi di Lombok Timur sebagai daerah pemilihannya. Hal itu sejalan dengan semangat partainya yakni NasDem yang menekankan asas manfaat di tengah masyarakat.

Setiap reses, ia membentuk empat kelompok usaha sehingga selama masa jabatannya akan berjumlah 100 kelompok dan menampung ratusan generasi muda yang didorong jadi pengusaha. Jenis usaha setiap kelompok akan beragam mulai dari kuliner, jasa hingga produk oleh-oleh khas Lombok.

"Bisa dibayangkan, ketika sekali reses melahirkan 4 kelompok, maka oertahun 20 kelompok dan selama 5 tahun 100 kelompok ini dapat melaksanakan aktivitas usahanya dengan baik, kelompok-kelompok ini akan terbagi ke dalam kluster-kluster usaha, maka dipastikan kelompok usaha tersebut bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat, terutama yang ada di dusun maupun desa," paparnya.

Menurut dia, daerah kelahirannya itu akan semakin disorot dunia internasional karena menjadi salah satu tempat perhelatan balap sepeda motor nomor wahid atau MotoGP.

"Apalagi dengan adanya KEK Mandalika dengan adanya Motor GP. Maka kita jangan mau hanya menjadi penonton, harus menjadi pemain dengan cara membuat usaha-usaha yang dibutuhkan di sana, misalnya pembuatan kaos-kaos yang ada kata-kata yang bercirikan Lombok" terangnya.

baca juga: Kemendagri belum Terima Surat Pengunduran Diri Wakil Bupati Nduga

Program pembangunan usaha kerakyatan ini, kata dia, akan dibarengi pendidikan vokasi, manajemen pemasarah serta optimalisasi potensi ekonomi yang tersedia.

"Saya ingin melatih kemandirian ekonomi masyarakat yang berdaya saing di kancah lokal dan semoga mampu masuk tingkat nasional. NasDem mendorong generasi-generasi muda memiliki mentalitas usaha yang tekun dan kokoh supaya kesejahteraan tumbuh serta merata," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Ilustrasi

KPU Lakukan Simulasi dari Tiga Opsi Pilkada Serentak

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 02 April 2020, 23:31 WIB
Opsi tersebut dikeluarkan lantaran tahapan Pilkada Serentak 2020 tertunda akibat wabah virus korona...
Ilustrasi

Jangan Mudik, Pemerintah Siapkan Rp110 Triliun Bantuan Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 April 2020, 23:09 WIB
Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga miskin dan rentan miskin yang terdampak covid-19 agar tidak mudik lebaran...
MI/Rommy Pujianto

KPK Minta Transparansi Pengadaan Barang Penanganan Covid-19

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 02 April 2020, 22:46 WIB
KPK mendorong pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat nasional maupun daerah untuk mengedepankan pencegahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya