Minggu 29 Desember 2019, 12:20 WIB

CFD di Sepanjang Sudirman-Thamrin Kini Lebih Tertib

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
CFD di Sepanjang Sudirman-Thamrin Kini Lebih Tertib

MI/Insi Nantika Jelita
Suasana car free day di Bundaran HI Jakarta, Minggu (29/12/2019).

 

GERIMIS yang turun sejak pukul 06.00 WIB tidak menyurutkan para peserta car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta. Para peserta CFD tetap ada meski jumlahnya tidak banyak karena hujan. Sepanjang jalan CFD masih banyak warga bisa melaksanakan aktivitas olahraga jalan kaki, bersepeda maupun berlari. Para pedagang kaki lima juga tidak tampak.

"CFD sebelumnya ramai daripada hari ini. Gerimis dari tadi kali ya. PKL juga sudah enggak kelihatan ya di sini (kawasan Sarinah hingga Bundaran)," kata Chio kepada Media Indonesia, Minggu (29/12/2019). Meski warga yang ikut CFD sedikit, Satpol PP dan petugas kebersihan tetap berjaga. Umumnya warga lebih banyak berkerumun di Bundaran HI.

Petugas Satpol PP Jakarta Barat, Hendro membenarkan warga yang datang CFD kali ini tidak seramai seperti biasa.

"Alhamdulillah dengan cuaca seperti ini berkurang hingga 50% lah warga yang datang. Biasanya padat banget. Para PKL juga sudah tidak ada lagi berjualan di sini," tutur Hendro.

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan penataan zona berjualan PKL selama berlangsungnya CFD. Penataan sudah dilakukan sejak 3 November lalu dengan membagi tiga zona, yakni zona hijau, zona merah dan zona kuning.

Zona hijau, pedagang boleh berjualan di sekitar Jalan Sumenep, Jalan Pamekasan, Jalan Sunda, Jalan Blora, Jalan Kebon Kacang, Jalan Galunggung, Pasar Karet Baru. Untuk zona kuning, pedagang boleh berjualan tapi di trotoar, dan tidak boleh turun ke jalan, apalagi menggunakan tenda. Ini berada di wilayah Patung Kuda sampai simpang Sarinah. Untuk zona merah pedagang sama sekali tidak boleh berdagang dari wilayah Sarinah sampai Dukuh Atas.

"Agak susah cari minum di sepanjang jalan sekarang. Jajanan juga sudah enggak ada. Paling di tempat Sarinah saja (gedung perbelanjaan). Tapi, suasana di jalan jadi kelihatan bersih, enggak numpuk orang di pinggir jalan," terang Adit, salah satu warga yang ditemui di kawasan Sarinah.

baca juga: Enam Pengunjung Colosseum 1001 Positif Narkoba

Ipda Aang Suryana polisi yang bertugas di seputar Thamrin Metro Station membenarkan kawasan di Sarinah hingga Duku Atas tidak ada lagi PKL yang berjualan. Hal ini sudah merupakan kebijakan Gubernur Anies Baswedan.

"Sekarang pedagang itu suda enggak ada lagi yang berjualan. Ini zona merah soalnya. Di sini khusus untuk olahraga," tegasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More