Minggu 29 Desember 2019, 08:45 WIB

GP Ansor Bogor Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

mediaindonesia.com | Nusantara
GP Ansor Bogor Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar

Istimewa
GP) Ansor Kabupaten Bogor  menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah, Pamijahan, Bogor.

 

PENGURUS Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bogor  menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah di Kampung Cilengkong Desa Pamijahan Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, pada 28-30 Desember 1219).

PKD yang bertemakan Membumikan Ideologi dan Tradisi Aswaja An-Nahdhiyah Menuju Bogor Berkeadaban itu diikuti 70 peserta yang berasal dari berbagai pengurus anak cabang di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Salah satu narasumber Saepudin Muhtar menuturkan, bahwa Gerakan Pemuda Ansor harus menghasilkan generasi kuat sebagaimana yang tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 9.

Menurut Saepudin, generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ansor harus mencintai NKRI semaksimal mungkin, jangan sampai cinta kita pada NKRI hanya setengah hati.

"Kita harus belajar dari fenomena Arab Spring, di mana beberapa negara di Timur Tengah hancur akibat kurangnya nasionalisme, kurangnya cinta Tanah Air ke negerinya sendiri," ujar Gus Udin sapaan akrabnya.

"Sebagaimana contoh negara Afghanistan hancur karena warganya tidak mencintai negaranya, di NU konsep Hubbul Wathon Minal Iman harus mendarahdaging. Tidak bisa dipisahkan NKRI dengan Nahdlayul Ulama (NU), NU pasti NKRI" tutur pria yang sedang menempuh Program Doktoral Ilmu Politik ini. 

Ia melanjutkan, selain proses kaderisasi, distribusi kaderpun harus menjadi perhatian bagi pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor. Kader Ansor harus berperan di semua lini, karena potensi SDM kader di masing-masing kecamatan pasti berbeda.

"Selain proses internalisasi dan penguatan  nilai, distribusi kader juga tidak kalah penting. Kita harus besar secara Kualitas tidak hanya kuantitas “ tandas beliau.

Dikesempatan yang sama Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor, Dhamiri Ahmad Ghazali menyampaikan bahwa PKD bertujuan untuk menciptakan kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang andal.

"Selain itu untuk kader yang siap mengawal serta menjadi dinamisator organisasi GP Ansor di tingkat Pimpinan Anak Cabang dan pimpinan ranting," tuturnya. (OL-09)

Baca Juga

DOK MI

DPT Pilgub Bengkulu Berjumlah 1.374.430 Pemilih

👤Marliansyah 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 18:10 WIB
Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, Selasa (20/10) mengatakan, penambahan itu dikarenakan adanya penambahan jumlah dari pemilih...
DOK MI

Sikka kembali Zona Merah, Pemkab Tidak Berlakukan PKM

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 17:15 WIB
Pemerintah Kabupaten Sika tidak berlakukan PKM sehingga masyarakat tetap menjalankan aktivitas ekonominya dengan tetap menerapkan protokol...
ANTARA

Sabu Raijua Zona Hijau, KBM Tatap Muka Tetap Berlangsung

👤Palce Amalo 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 17:10 WIB
KBM tatap muka digelar di 112 sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMK, dan akademi yang tersebar di Pulau Sabu dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya