Minggu 29 Desember 2019, 02:05 WIB

Penyebab Penglihatan Buram

Raka Lestari | Humaniora
Penyebab Penglihatan Buram

Ist
Penyebab Penglihatan Buram

 

PENGLIHATAN  yang buram, tidak jelas atau tidak fokus merupakan masalah paling umum yang terjadi pada mata. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.
 
Penglihatan yang buram bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu menggunakan kacamata atau mengganti kacamata lama Anda. Meskipun memang untuk beberapa hal, penglihatan yang buram merupakan pertanda yang lebih serius.
 
Berikut beberapa alasan yang menyebabkan penglihatan Anda menjadi buram, seperti dilansir health:

Anda membutuhkan kacamata baru
 
Rabun jauh (miopia), rabun jauh (hiperopia), dan astigmatisme adalah kesalahan refraktif dan merupakan penyebab paling umum penglihatan kabur. Dalam kebanyakan kasus, yang Anda butuhkan hanyalah resep dari dokter mata untuk kacamata atau lensa kontak. Operasi LASIK juga bisa membantu Anda mengatasi keluhan ini.
 
Anda membutuhkan kacamata baca
 
Presbiopi juga bisa menjadi penyebab penglihatan Anda menjadi buram dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Seperti halnya kesalahan refraktif lainnya, kacamata, lensa kontak, dan operasi dapat membantu Anda melihat lebih baik jika Anda mengembangkan presbiopia.
 
“Jika Anda tidak rabun jauh atau rabun dekat dan Anda tidak menderita astigmatisme, maka kacamata baca bisa mengatasinya,” ujar Rajiv Shah, MD, asisten profesor oftalmologi di Wake Forest Baptist Medical Center.
 
Anda terserang konjungtivitis
 
Konjungtivitis atau mata merah muda biasanya disebabkan oleh adenovirus, virus yang dapat menyebabkan flu, bronkitis, dan sakit tenggorokan.
 
"Partikel virus pada permukaan dapat tetap hidup selama sekitar dua minggu," kata Kim Le, MD, dokter spesialis mata anak di Henry Ford Health System.
 
Onjungtivitis biasanya hilang dalam satu hingga dua minggu tanpa pengobatan, tetapi jika Anda memiliki gejala yang parah, bicarakan dengan dokter Anda.
 
Anda tidur dengan masih menggunakan lensa kontak
 
Lensa kontak dapat memperbaiki penglihatan Anda lebih nyaman dibandingkan menggunakan kacamata, tetapi jika Anda tidak menggunakannya dengan benar penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan infeksi penglihatan.
 
“Tidur dengan masih menggunakan kacamata merupakan tempat yang subur untuk tumbuhnya organisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kornea,” ujar Dr Lee. Untuk itu, Dr Lee menyarankan untuk melepas lensa kontak di malam hari atau melepasnya sesekali.  (Medcom/OL-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More