Sabtu 28 Desember 2019, 05:40 WIB

Indonesia tidak Kecewa dengan Hasil COP-25

(Rin/H-1) | Humaniora
Indonesia tidak Kecewa dengan Hasil COP-25

ANTARA FOTO/Saptono/wsj
Alue Dohong (tengah) usai menyampaikan pidato di Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim COP25 UNFCCC, Madrid, Spanyol,

 

KEGAGALAN mencapai kesepakatan pada artikel 6 Paris Agreement di konferensi perubahan iklim UNFCCC-COP-25 di Madrid, Spanyol, 2-15 Desember lalu, tidak membuat Indonesia kecewa. Sebaliknya, Indonesia memiliki sejumlah keberhasilan di pertemuan tersebut. "Dari sisi Indonesia tidak terlalu gagal amat karena kita berhasil memasukkan isu osean, menempatkan dua orang di UNFCCC, dan kita sudah punya UU No 16 Tahun 2016 (tentang persetujuan Paris atas konvensi kerangka kerja PBB mengenai perubahan iklim) menurunkan emisi 29% itu," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, di Jakarta, kemarin. Alue berharap COP-26 yang rencananya berlangsung di Glasgow, Inggris, bisa mengambil kesepakatan terkait dengan artikel 6. Meski begitu, Indonesia tetap akan menjalankan pasar karbon domestik. Jadi, jika artikel tersebut ada kesepakatan, Indonesia sudah siap. Ditambahkan dengan masuknya masalah laut itu, saat ini sudah mulai dimasukkan dalam perhitungan Nationally Determined Contributions yang akan dikirimkan ke UNFCCC pada Maret mendatang. (Rin/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More