Jumat 27 Desember 2019, 19:10 WIB

Matangkan Rencana saat Bernegosiasi Gaji

Fetry Wuryasti | Weekend
Matangkan Rencana saat Bernegosiasi Gaji

rainmakers.co
ilustrasi negosiasi

KETIKA seorang pencari kerja membaca pertanyaan melalui aplikasi online atau mendengarnya dari seorang perekrut, pertanyaan itu mungkin terdengar seperti permintaan netral: "Apa harapan gaji Anda?"

Tetapi sebenarnya, bagaimana Anda menjawab adalah awal negosiasi gaji Anda. Ada perdebatan tentang cara terbaik untuk menjawab pertanyaan rumit ini, beberapa menyarankan untuk melewatinya, sementara yang lain menyarankan tidak apa-apa untuk memberikan kisaran gaji.

Disadur dari HuffPost , Jumat (27/12) , pelatih karier dan pakar negosiasi gaji membisikan tentang apa yang harus dilakukan dengan pertanyaan tentang ekspektasi gaji. "Apa yang sebenarnya dicari perusahaan adalah jika Anda berada dalam kisaran gaji yang sama dengan mereka," kata Kate Dixon, pelatih negosiasi gaji dan konsultan kompensasi.

Apa pun yang Anda lakukan, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan umum ini. Ada dua tipe ketika mereka akan bertanya tentang ekspektasi gaji. Seseorang sering langsung. "Yang lain sering tepat sebelum Anda mendapatkan penawaran," kata Josh Doody, pelatih negosiasi gaji yang bekerja dengan pengembang perangkat lunak dan mantan manajer perekrutan.

Dalam aplikasi online, beberapa orang menyarankan agar tidak langsung menjawab. Sulit untuk membuat kasus bisnis dengan nilai Anda ketika Anda tidak berbicara langsung dengan seorang manusia dengan kekuatan perekrutan.

Itulah sebabnya beberapa pakar negosiasi mengatakan Anda harus menghindari menjawab pertanyaan di portal pekerjaan online. "Jika ini bukan bidang wajib dan Anda tidak perlu memasukkan apa pun, saya akan membiarkannya kosong," Cynthia Pong, pendiri Embrace Change, bisnis pelatihan yang berfokus pada membantu wanita berkewarganegaraan warna bernegosiasi dan transisi dalam karier mereka.

Pilihan lain adalah menulis bahwa Anda bisa dinegosiasikan dan sangat terbuka untuk membahas hal ini ketika ada tawaran. "Jika Anda harus mengisinya dengan respons angka, lakukan riset untuk mencatat angka yang lebih tinggi dalam kisaran gaji ini. Khusus untuk wanita dan wanita kulit berwarna, saya akan mendesak mereka untuk berbuat salah pada sisi yang lebih tinggi dan menggunakan kisaran," kata Pong.

Doody menyarankan agar jawabannya tetap kosong, atau meletakkan nomor yang jelas-jelas palsu seperti "nol" jika Anda harus meletakkan nomor untuk mengirimkan aplikasi. Dia mengatakan Anda tidak harus meletakkan bilangan real dalam aplikasi online, karena ada terlalu banyak faktor yang tidak diketahui kompensasi pada tahap awal ini.

Dengan meletakkan jawaban spesifik pada formulir online, Anda sekarang seolah mengunci diri Anda pada angka awal yang Anda katakan ketika Anda sedikit banyak tidak tahu tentang seperti apa peluang itu karena Anda belum berbicara dengan manajer perekrutan.

Jika Anda menjawab dengan sebuah angka, buatlah kisaran gaji. Beberapa pelatih karier menyarankan untuk menjawab pertanyaan ini dengan kisaran gaji berdasarkan penelitian Anda sendiri. Jawaban ekspektasi gaji dapat bersifat kontekstual ke tempat Anda berada dalam karier dan industri seperti apa Anda berada.

Beberapa profesional senior tahu apa nilai pasar mereka dan memiliki pendapat yang kuat tentang berapa gaji pokok mereka agar mereka dapat mengambil pekerjaan itu, kata Dixon. (Try)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More