Jumat 27 Desember 2019, 14:56 WIB

Garuda Bakal Tambah Empat Pesawat Baru Pada 2020

Faustinus Nua | Ekonomi
Garuda Bakal Tambah Empat Pesawat Baru Pada 2020

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pesawat jenis boeing milik Garuda Indonesia lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

 

PT Garuda Indonesia (Pesero) akan menambah lagi empat armada baru di tahun 2020. Penambahan pesawat baru tersebut untuk memperkuat maskapai plat merah setelah beberapa waktu lalu telah menambah 3 pesawat wide body bertipe A330-900 NEO.

"Sekarang ini new normal yang harusnya terjadi di industri airline. Jumlah pesawat akan bertambah. Akan ada 4 lagi pesawat baru," kata Plt. Dirut Garuda Fuad Rizal dalam acara Public Expose di Komplek Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (27/12).

Penambahan empat pesawat baru pada 2020 nanti, lanjut Fuad, merupakan pesawat bertipe wide body. Pemesanannya sendiri merupakan bagian dari order yang telah dilakukan sebelum tahun 2015.

"Saya klarifikasi tidak ada pemesanan pesawat baru sejak 2015. Itu ke depannya merupakan order yang telah dipesan pada periode sebelumnya," imbuhnya.

Selain menambah peswat baru, perseroan juga melakukan perpanjangan kontrak untuk sewa pesawat yang akan jatuh tempo. Hal itu guna meningkatkan efisiensi keuangan ketimbang harus melakukan kontrak baru setelah jatuh tempo.

"Ke depan kita akan perpanjang program sewa pesawat. Yang kita lakukan setiap tahunnya ada pesawat atau lesor yang jatuh tempo lebih besar lagi," kata dia.

Dia menambahakan bahwa sepanjang tahun 2019 terjadi penurunan jumlah penumpang mencapai 20%. Hal itu dipengaruhi adanya kenaikan harga tiket pada level Tarif Batas Atas (TBA). Begitu juga dengan adanya peningkatan infrastruktur transpirtasi darat dan laut yang kemudian memberi opsi lain bagi masyarakat.

Meski terjadi penurunan penumpang, manajemen Garuda mengklaim tetap memeperoleh profit dengan memeprlebar margin sales cost dan juga efisiensi flight-nya. Untuk penerbangan internasional pun secara total Garuda merugi sekitar 4%.(Van/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More