Kamis 26 Desember 2019, 22:25 WIB

Netanyahu dalam Tantangan Kepemimpinan Partai

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Netanyahu dalam Tantangan Kepemimpinan Partai

AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

 

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadapi tantangan dalam mengamankan kepemimpinan Partai Likud dalam apa yang digambarkan sebagai ujian atas cengkeramannya pada kekuasaan.

Dia menghadapi saingan jangka panjangnya, Gideon Saar, dalam pemilihan internal Partai Likud.

Meskipun Netanyahu diperkirakan akan menang, tantangan datang pada saat kesulitan memuncak bagi pemimpin veteran itu.

Dia menghadapi persidangan atas tuduhan suap dan korupsi, serta pemilihan nasional ketiga dalam setahun setelah dua hasil yang tidak meyakinkan.

Wartawan BBC, Barbara Plett Usher, di Jerusalem, mengatakan, Netanyahu telah berkampanye tanpa kenal lelah, meskipun ia secara luas diperkirakan akan menang.


Baca juga: Netanyahu Dievakuasi akibat Tembakan Roket dari Gaza


"Karena ia ingin menang besar--jika tidak, kelihatannya cengkeramannya pada partai semakin lemah," ujar Usher.

Netanyahu masih memiliki dukungan kuat di Likud, tetapi ini adalah tantangan internal paling serius yang dia hadapi dalam satu dekade kekuasaan dan menunjukkan retak di front persatuan partai, kata wartawan kami.

Sebuah drama menimpa Netanyahu di kota selatan Ashkelon, Rabu (25/12), malam ketika dia harus dievakuasi keluar panggung oleh para pengawal setelah sebuah sirene serangan udara yang memperingatkan tentang tembakan roket dari Gaza terdengar. (BBC/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More