Jumat 27 Desember 2019, 02:05 WIB

Uluran Permen Gantikan Surat Tilang

MI | Nusantara
Uluran Permen Gantikan Surat Tilang

MI/Depi Gunawan
Uluran Permen Gantikan Surat Tilang

 

WAJAH berbeda polisi terpancar di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kemarin. Di tengah kemacetan, mereka tampil dengan senyum dan sapaan halus kepada warga yang hendak mengunjungi sejumlah objek wisata di daerah itu.

Senyum warga pun merekah. Semakin lebar, saat tangan sejumlah polisi wanita mengulurkan permen dan makanan kecil.

“Kami membagikan makanan agar masyarakat pengguna jalan bisa terhibur. Mereka bisa bersabar di tengah kemacetan, karena kami memberlakukan one way,” tutur Kasat Lalu Lintas Polres Cimahi Ajun Komisaris Susanti Samaniah.

Kemarin, kemacetan di Lembang terjadi di sekitar objek wisata, di antaranya The Great Asia Africa, Farm House serta Floating Market.

“Lonjakan kendaraan akan terjadi pada malam Tahun Baru, terutama kendaraan yang masuk ke Lembang,” tambah Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar M Yoris Maulana Yusuf Marzuki.

Kendaraan juga membanjiri Tol Pekanbaru-Dumai, di Riau, kemarin. Sebanyak 10.817 kendaraan melintas seksi 1 Pekanbaru-Minas, setelah tol ini dibuka secara fungsional, Senin (23/12).

“Tren kenaikan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar terus meningkat, sejak diberlakukan fungsional. Kami mengimbau warga tetap waspada, meski kami telah melengkapi ruas ini dengan rambu dan marka jalan yang memadai,” ujar Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro.

Di Bangka Belitung, volume kendaraan yang dibawa kapal menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, ke Sumatra Selatan juga meningkat hingga 24% dibanding periode liburan Natal tahun lalu.

“Kami sudah memberlakukan 9 trip sejak 2 hari lalu, dan akan menambah 1 trip lagi untuk beberapa hari ke depan. Kami sudah menyiapkan 10 kapal, namun saat ini baru 8 yang dioperasikan,” papar General Manager PT ASDP, Rudy B Hanafiah.

Sebaliknya, penurunan jumlah penumpang terjadi di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penyebabnya dipastikan karena tingginya harga tiket pesawat. “Jika dibanding tahun lalu, terjadi penurunan hingga 2,1%,” ujar Humas Bandara, Dadang Jr.

Masa libur akhir tahun dimanfaatkan PT Telkomsel untuk memperkuat elemen jaringan. Penguatan dilakukan di antaranya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta di Kalimantan. (DG/Hld/RF/PO/AT/JI/DY/YH/RS/TB/AD/WJ/TS/N-2)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

Petugas Lapas di Ternate Jadi Kurir Narkoba

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 25 November 2020, 09:11 WIB
Polres Ternate, Maluku Utara menangkap tersangka pengedar narkoba, seorang petugas Lembaga Pemasyarakatan Perempuan dan Anak Kelas III...
MI/Denny Susanto

Perusahaan Batu Bara Mendominasi Kasus Covid-19 di Murung Raya

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 25 November 2020, 08:45 WIB
Dari 81 total jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang terkonfirmasi positif, terdapat 65 orang di...
Ist

Jatim Matangkan Rencana Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 November 2020, 08:38 WIB
Gubernur Jawa Timur ini ingin memastikan jika sekolah kembali dibuka secara menyeluruh harus ada penyiapan teknis yang menjamin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya