Kamis 26 Desember 2019, 17:10 WIB

Hati-hati, Ratusan Pohon di Jakarta Rawan Tumbang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hati-hati, Ratusan Pohon di Jakarta Rawan Tumbang

MI/Andri Widiyanto
Pemprov DKI menata trotoar di Jalan Cikini, termasuk mengganti pohon yang ada di wilayah tersebut

 

DINAS Kehutanan DKI Jakarta mendeteksi dari puluhan ribu pohon yang ada di Jakarta, sekitar 250 di antaranya dalam kondisi sakit dan rawan tumbang. Namun, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Susi Marsitawati menyebut belum ada upaya penebangan terhadap pohon yang sakit itu karena kondisinya belum terlalu kronis.

"Kita punya alat namanya alat USG, sudah 250 pohon kita cek. Kalau kronis banget kita buang, kita ganti. Yang kita cek kebetulan yang masih sehat," ungkap Susi di Balai Kota, Kamis (26/12).

Kondisi pohon-pohon yang rawan tumbang tersebut, menurut Susi, tersebar merata di wilayah Jakarta, termasuk yang berada di fasilitas publik seperti trotoar.

Menurut dia, pohon yang sakit dan rawan tumbang di fasilitas publik telah ditebang.

"Kita bikin pedestrian di Cikini itu rata-rata karena pohon sakit. Dengan adanya penataan sekaligus, kita cek pohonnya, pohonnya sakit kita gantikan dengan baru," pungkasnya.

Sejauh ini, kata Susi, sudah ada 76 ribu pohon yang dilakukan penopingan atau pemotongan cabang-cabang dan dahan yang rawan patah. Penopingan rutin dilakukan dan semakin masif karena saat ini sudah memasuki musim hujan guna mengantisipasi dahan yang patah akibat cuaca buruk.(A-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More