Kamis 26 Desember 2019, 16:45 WIB

Febri Mundur, Filri Tegaskan Selama Ini KPK Tidak Punya Jubir

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Febri Mundur, Filri Tegaskan Selama Ini KPK Tidak Punya Jubir

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua KPK Firli Bahuri

 

TEKAIT Febri Diansyah resmi mundur dari posisi juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut sebenarnya Febri bukan mundur namun ia memastikan sejauh ini juru bicara lembaga antirasuah itu memang kosong.

"Kata siapa mundur? bukan mundur, memang jubir itu kosong. itu saja. Ngak ada mundur," kata Firli di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12)

Firli menjelaskan, tidak ada kriteria khusus untuk jadi juru bicara KPK. Bahkan siapa saja bisa menjabat sebagai jubir KPK.

"Juru Bicara kosong, nanti kami isi. Kriterianya dipertimbangkan dengan pembangunan sumber daya manusia saja, sesuai kebutuhan. Semua orang boleh (jadi Juru Bicara KPK), tidak ada batasan," sebutnya.

Dintanyakan terkait anggota kepolisian bisa mengisi posisi Jubir KPK, Firli tidak menjawabnya secara detail, ia kembali menegaskan bahwa semua unsur bisa menjabat posisi tersebut.

"Semua orang boleh. (Termasuk Anggota Polisi) semua boleh, termasuk anda. kita terbuka, sesuai ketentuan saja," sebutnya.

Sebelumnya, Febri Diansyah menyatakan mundur dari jabatannya sebagai juru bicara KPK. Ia mundur setelah pimpinan KPK Jilid V berencana mencari juru bicara baru.

Febri mengatakan posisi juru bicara dan Kabiro Humas sebelumnya memang dirangkap berdasarkan Peraturan KPK Nomor 1/2015. Namun, hal itu diubah dalam Peraturan KPK Nomor 3 Tahun 2018. Dalam aturan terbaru, posisi jubir dan Kabiro Humas dipisah.

Menurutnya, pimpinan akan menunjuk jubir baru. Sedangkan dirinya akan melanjutkan jabatannya sebagai Kabiro Humas

"Saya kira dengan pernyataan kolektif pimpinan dan sudah saya pastikan maka perjalanan saya sebagai jubir KPK sudah di ujung jalan," kata Febri

Febri juga meminta maaf apabila terdapat kesalahan selama menjabat sebagai jubir. Ia berharap jubir yang ditunjuk akan tetap bisa memberikan keterbukaan informasi kepada publik. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More