Kamis 26 Desember 2019, 14:09 WIB

Pemda Ajukan Kembali Pembangunan Jembatan Lematang

Dwi Apriani | Nusantara
Pemda Ajukan Kembali Pembangunan Jembatan Lematang

MI/Dwi Apriani
Tim Basarnas mengevakuasi korban kecelakaan bus Sriwijaya di Sungai Lematang, Rabu (25/12/2019).

 

PEMERINTAH Kota Pagaralam mengusulkan agar pemerintah pusat membangun jembatan yang melintasi Sungai Lematang, yang menjadi tempat kecelakaan bus Sriwijaya. Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan pembangunan jembatan Lematang sangat mendesak agar tidak terjadi kembali kecelakaan maut yang menewaskan 31 orang itu. Apalagi kecelakaan seperti itu sudah sering terjadi.

"Kita sudah usulkan agar pemerintah pusat membangun jembatan Lematang yang baru. Sebab lokasi di jalan ini sangat ekstrem," ujar Alpian, Kamis (26/12/2019).

Ia menuturkan, sebenarnya pemerintah daerah sudah pernah mengusulkan pembangunan jembatan tersebut pada 2016. Bahkan perencanaan pun sudah
dibuat, termasuk desain dan rencana kontruksi jembatan sudah dibahas, namun belum juga direalisasikan.

"Kondisi jalan yang naik serta turunan dan tingkungan yang sangat tajam. Ini yang membuat kami mengusulkan pembangunan jembatan tersebut. Namun tentunya perlu ada bantuaan dari pemerintah pusat,"  kata Alpian.

Diakui Alpian, perencanaan usulan tersebut dibatalkan oleh pemerintah pusat. Hanya dilakukan pelebaran jalan pada 2017 dan 2018.

"Kejadian ini menjadi pintu masuk kami untuk melanjutkan kembali perencanaan pembuatan jembatan itu ke pemerintah pusat," jelasnya.

baca juga: Puluhan Sopir Bus Dites Urin

Lokasi jatuhnya bus Sriwijaya tersebut, menurut Alpian merupakan jalan yang dikelola oleh negara karena masuk sebagai jalan nasional. Ia meminta kepada pemerintah pusat untuk mengambil langkah dengan merealisasikan jembatan di sekitar lokasi.

"Kami akan kembali mengajukan proposal pengajuan untuk membangun jembatan ini segera. Agar kejadian seperti ini tak terulang lagi," harapnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok The Learning Farm

Optimisme Petani Cidaun Hingga Sleman di Masa Pandemi  

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 22:25 WIB
Sektor pertanian memang moncer di saat pandemi, namun dibutuhkan kolaborasi para pemangku kepentingan untuk mengungkit kesejahteraan...
Antara

Ulama : Bisnis Prostitusi Daring di Aceh Meningkat Selama Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 22:00 WIB
Maraknya dugaan prostitusi daring yang ditawarkan melalui aplikasi media sosial melalui telepon pintar di Aceh, telah menyebabkan keresahan...
MI/Rendy Ferdiansyah.

BMKG : Aceh Harus Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

👤Mediaindonesia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:30 WIB
Hingga awal pekan depan 'share line' (belokan angin) masih akan terjadi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya