Kamis 26 Desember 2019, 10:07 WIB

Lima Pejuang Pro-Iran di Suriah Tewas Dihantam Roket

Deri Dahuri | Internasional
Lima Pejuang Pro-Iran di Suriah Tewas Dihantam Roket

AFP/Ahmad al-Rubaye
Pasukan milisi Syiah dari pasukan para militer Hashed al-Shaabi bersiaga di perbatasan Provinsi Al-Qaim, Suriah dan Irak.

 

LIMA pejuang pro-Iran tewas dihantam roket yang tak diketahui identitasnya pada Rabu (25/12) malam di wilayah timur Suriah di Provinsi Deir Ezzor.

"Roket yang tak diketahui asalnya menghantam markas Brigade 47, pasukan milisi pro-Iran yang berada di Kota Albu Kamal, wilayah timur Provinsi Deir Ezzor dan menewaskan lima orang," demikian laporan dari kelompok Syrian Observatory for Human Rights (SOHR).

Ketua SOHR Rami Abdul Rahman mengatakan drone yang melakukan serangan itu telah mengakibatkan ledakan hebat.

Sebagaimana diketahui Iran dan kelompok milisinya telah mendukung pemerintahan Bashar al-Assad bersama dengan milisi dari Iran dan negara lainya dalam perang saudara selama delapan tahun.

Di sisi lain, Israel terus mencegah militer dan milisi Iran untuk menempatkan kekuatannya di wilayah Suriah dengan melakukan sejumlah serangan ke Suriah. 

Sementara itu, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didominasi suku Kurdi dan didukung Amerika Serikat terus menggempur kelompok ISIS di Suriah.

Menurut Rami Abdul Rahman, serangan yang menewaskan lima pejuang pro-Iran serupa dengan serangan ke pinggiran Kota Albu Kamal pada 8 Desember 2019.

Tewasnya pejuang pro-Iran bukanlah yang pertama. Pada 28 September 2019, sedikitnya 10 orang Irak yang diduda milisi Syiah mendapat serangan serupa.

Kelompok Syiah Hezbollah dari Libanon menduga serangan itu dilakukan militer Israel. Milisi Hezbollah mendapatkan informasi dari sumber keamanan di Suriah.(OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More