Kamis 26 Desember 2019, 10:07 WIB

Lima Pejuang Pro-Iran di Suriah Tewas Dihantam Roket

Deri Dahuri | Internasional
Lima Pejuang Pro-Iran di Suriah Tewas Dihantam Roket

AFP/Ahmad al-Rubaye
Pasukan milisi Syiah dari pasukan para militer Hashed al-Shaabi bersiaga di perbatasan Provinsi Al-Qaim, Suriah dan Irak.

 

LIMA pejuang pro-Iran tewas dihantam roket yang tak diketahui identitasnya pada Rabu (25/12) malam di wilayah timur Suriah di Provinsi Deir Ezzor.

"Roket yang tak diketahui asalnya menghantam markas Brigade 47, pasukan milisi pro-Iran yang berada di Kota Albu Kamal, wilayah timur Provinsi Deir Ezzor dan menewaskan lima orang," demikian laporan dari kelompok Syrian Observatory for Human Rights (SOHR).

Ketua SOHR Rami Abdul Rahman mengatakan drone yang melakukan serangan itu telah mengakibatkan ledakan hebat.

Sebagaimana diketahui Iran dan kelompok milisinya telah mendukung pemerintahan Bashar al-Assad bersama dengan milisi dari Iran dan negara lainya dalam perang saudara selama delapan tahun.

Di sisi lain, Israel terus mencegah militer dan milisi Iran untuk menempatkan kekuatannya di wilayah Suriah dengan melakukan sejumlah serangan ke Suriah. 

Sementara itu, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didominasi suku Kurdi dan didukung Amerika Serikat terus menggempur kelompok ISIS di Suriah.

Menurut Rami Abdul Rahman, serangan yang menewaskan lima pejuang pro-Iran serupa dengan serangan ke pinggiran Kota Albu Kamal pada 8 Desember 2019.

Tewasnya pejuang pro-Iran bukanlah yang pertama. Pada 28 September 2019, sedikitnya 10 orang Irak yang diduda milisi Syiah mendapat serangan serupa.

Kelompok Syiah Hezbollah dari Libanon menduga serangan itu dilakukan militer Israel. Milisi Hezbollah mendapatkan informasi dari sumber keamanan di Suriah.(OL-09)

Baca Juga

AFP/Atta Kenare

Iran Sambut Presiden Baru AS yang kembali pada Kesepakatan Nuklir

👤Wisnu Arto Subari 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 21:12 WIB
Joe Biden, penantang Trump yang memimpin dalam pemilihan, mendukung diplomasi dengan...
AFP/Said Khatib

Hamas Bebaskan Aktivis Palestina yang Komunikasi dengan Israel

👤Wisnu Arto Subari 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 20:59 WIB
Hamas menuduh Aman, 39, berkhianat dengan mempromosikan normalisasi hubungan dengan Israel. Pengadilan Gaza menjatuhkan hukuman baginya...
AFP/Asif Hassan

Saudi Kecam Kartun Nabi Muhammad dan Aksi Ekstremisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 20:44 WIB
Seruan untuk memboikot jaringan supermarket Prancis, Carrefour, menjadi tren di media sosial. Padahal hanya ada dua gerai utama di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya