Kamis 26 Desember 2019, 07:40 WIB

Rekayasa Lalu Lintas Lancarkan Arus Liburan

Tri Subarkah | Megapolitan
Rekayasa Lalu Lintas Lancarkan Arus Liburan

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Petugas Komunikasi dan Informasi Tol mengamati arus mudik kendaraan melalui layar kamera CCTV memantau lalu lintas di Km 48 exit Tol layang.

 

UNTUK melancarkan arus ribuan kendaraan menuju Jakarta, PT Jasa Marga (persero) menerapkan sistem contraflow di Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek).

“Sesuai prediksi, arus balik Natal 2019 terjadi sejak hari ini (kemarin) dan Kamis (26/12). Kami pantau di beberapa titik Tol Japek ke arah Jakarta terjadi kepadatan,” kata Corporate Communication & ­Community Development Group Head Jasa Marga, Dwi­mawan Heru, melalui keterangan tertulis yang di­­terima Media Indonesia, kemarin.

Penerapan contraflow pa­da arus balik berlaku sejak pukul 18.25 WIB dari dari Km 65 hingga Km 47 arah Jakarta. Jasa Marga berharap contraflow ­dapat mencairkan kepadatan ­kendaraan di beberapa titik menjelang rest area arah Jakarta seperti di Km 62 dan Km 52.

Dalam prediksi Jasa ­Mar­ga, pada 25-26 Desember sebanyak 338.000 kenda­raan kembali menuju Jakarta dari berbagai arah melalui empat gerbang tol (GT), yaitu GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama di timur, Cikupa di barat, dan Ciawi di selatan.

Dwimawan menambahkan, jumlah kendaraan tersebut meningkat 43% dari kondisi lalu lintas harian normal yang rata-rata hanya 234.000.

“Lalu lintas tertinggi diprediksi datang dari arah timur, yakni sebanyak 98.000 kendaraan, naik 97% dari lalu lintas harian normal sebanyak 50.000,” ujar Dwimawan.

Antisipasi penumpukan kendaraan arus balik juga dilakukan Polres Cianjur. Kasatlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Ricky Adipratama mengatakan kepadatan kendaraan akan meningkat terutama dari arah Puncak menuju Jakarta.

“Hasil pemantauan di Pos Pam 1 Cepu Segar Alam, kami memberlakukan kebijakan lalu lintas satu arah, sedangkan di Simpang Hanjawar, Cipanas, kami akan tutup sementara arus kendaraan ke arah Cianjur. Arus kendaraan ke arah Jakarta juga diberlakukan kebijakan satu arah,” ujar Ricky melalui Paur Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayudha, kemarin.

Kapolda Jawa Barat ­Irjen Rudy Sufahriadi yang memantau kesiapan Pos Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2019 menuturkan ruas jalan yang diantisipasi bakal  menerima lonjakan kendaraan, di antaranya jalur Puncak arah Cianjur dan Bandung ataupun sebaliknya.

Di wilayah Polres Tasikmalaya Kota, aparat menyi agakan alat berat di Jalur Lingkar Gentong untuk mengantisipasi bencana tanah longsor yang diprediksi mengganggu kelancaran arus kendaraan pada liburan Tahun Baru.

“Kami memprediksi di malam Tahun Baru kendaraan menuju objek wisata di Priangan Timur bertambah signifikan. Kami menyiagakan mobil derek, ambulans, tim penganjal ban, dan tim pengurai kemacetan untuk mengamankan perjalanan warga,” ujar Kapolres Tasikmalaya Kota AKB Anom Karibianto. (Tri/Pra/BB/AD/X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More