Kamis 26 Desember 2019, 01:15 WIB

Menkop Petakan Masalah Koperasi Susu

MI | Ekonomi
Menkop Petakan Masalah Koperasi Susu

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Teten Masduki

 

MENTERI Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Teten Masduki, mengungkapkan sudah memetakan permasalahan untuk membangkitkan koperasi susu di Indonesia.

Terdapat dua permasalahan dari pemetaan yang telah dilakukan, pertama, kebutuhan peremajaan indukan sapi berkualitas agar produktivitas petani meningkat. Kedua kebutuhan lahan untuk pakan ternak.

Teten mengatakan akan berkoordinasi dengan beberapa kementerian terkait soal akses lahan milik PT Perkebunan Nusantara sebagai lahan pakan ternak dan hal lain yang menyangkut impor indukan.

Ia mencontohkan akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian ihwal produksi susu dan Kementerian Kesehatan terkait konsumsi susu oleh anak-anak sekolah guna mengurangi stunting. Sementara itu, pembiayaan tetap akan dilakukan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB KUMKM).

Pembiayaan menurut Teten bukan lagi menjadi masalah. Sebab telah ada kredit usaha rakyat (KUR) untuk peternak. “Kita sudah ada itu, dan saya pikir sudah tidak menjadi masalah lagi,” ujarnya melalui keterangan resmi, kemarin. (Pra/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More