Kamis 26 Desember 2019, 00:00 WIB

Obyek Wisata Dipadati Pengunjung

MI | Nusantara
Obyek Wisata Dipadati Pengunjung

ANTARA
Wisata Pantai Parangtritis

 

OBYEK wisata di sejumlah daerah dipadati pengunjung pada libur Natal, Rabu (25/12). Daerah Istimewa Yogyakarta tetap menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan libur Natal dan tahun baru.

Salah atu obyek wisata di Yogyakarta yang dipadati pengunjung, Rabu (25/12), adalah Pantai Parangtritis. Pantai itu tetap memiliki daya tarik karena selain pantainya yang indah, juga terdapat gumuk pasir yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berselancar.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis, Rahmad Ridwanto, menjelaskan, wisatawan berdaangan ke Pantai Parangtritis sejak pagi hari. Jumlah mereka semakin banyak setelah pukul 14.00 WIB.

Sehari sebelumnya atau pada 24 Desember kemarin, saat cuti bersama libur Natal, jumlah wisatawan tercatat mencapai 23.950, melonjak jauh dari hari-hari biasa yang hanya sekitar 4 ribu sampai 5 ribu pengunjung.

Wisatawan yang berlibur di Yogyakarta sebagian besar terkonsentrasi di kawasan Malioboro, sehingga kawasan tersebut padat. Polisi bahkan melakukan buka tutup beberapa ruas jalan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Malioboro.

Membeludaknya wisatawan di kawasan Malioboro membuat tukang parkir liar menarik uang parkir kendaraan melebihi ketentuan. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, beserta jajarannya konsisten menegakkan peraturan.

Sultan menyampaikan itu menanggapi keluhan wisatawan yang mengaku dimintai biaya parkir hingga Rp35 ribu. Padahal seharusnya ia hanya membayar Rp10 ribu sesuai tarif parkir yang tertera di karcis.

Sejumlah obyek wisata di Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah, juga dipadati pengunjung sejak Minggu (22/12) hingga kemarin. Wisatawab antara lain memenuhi Lokawisata Baturraden di Banyumas dan kawasan wisata Owabong di Purbalingga.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandani mengatakan beberapa hari terakhir jumlah wisatawan ke Baturraden mencapai 5.000 orang per hari. Angka itu melonjak sekitar 500% sampai 1.000% dari hari biasa yang hanya 500 hingga 1.000 wisatawan.

Libur Natal membuat jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cikampek juga meningkat. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 54.675 kendaraan melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama pada H-1 Natal. Jumlah tersebut meningkat 127% bila dibandingkan dengan lalu lintas harian normal sebanyak 24 ribu kendaraan. (AT/LD/RZ/RF/JI/N-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More