Rabu 25 Desember 2019, 16:57 WIB

Libur Natal, Warga Padati Monas

Tri Subarkah | Megapolitan
Libur Natal, Warga Padati Monas

MI/TRI SUBARKAH
Warga memadati Monas saat hari Natal, Rabu (25/12).

 

RIBUAN orang memadati Monumen Nasional (Monas) pada libur Natal tahun ini, Rabu (25/12). Unit Pelaksana Teknis Monas mencatat hingga pukul 14.00 WIB, sebanyak 8.000 orang masuk ke dalam Monas.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Monas, Endrati Fariani, di hari sebelumnya pada Selasa (24/12), jumlah pengunjung yang masuk mencapai 16.000 orang.

"Hari kemarin lebih padat daripada tanggal di tahun seblumnya. Tahun sebelumnya 15.000, kemarin itu 16.000 (pengunjung)," ungkap Endarti saat ditemui di kantornya, Rabu (25/12).

"Hari biasa sesepi-sepinya Monas itu sekitar 2.500. Seramai-ramainya pernah mencapai satu hari itu 20.000 masuk tugu," bubuhnya.

Saat Media Indonesia datang sekira pukul 15.00 WIB, tiket untuk masuk hingga ke puncak Monas sudah habis. Menurut Endarti, tiket tersebut sudah habis sejak pukul 12.30 WIB. Pihaknya memang membatasi pengunjung yang ingin menikmati puncak Monas.

"Kan lift-nya hanya satu, dan sekalai naik itu maksimal 10 orang. Satu kali naik turun membutuhkan waktu paling cepet 3 menit," terang Endarti.

Rahmat, 60, terpaksa tidak dapat menaiki puncak Monas karena datang terlalu siang. Bersama cucunya, Akmal, 7, mereka terpaksa hanya dapat menikmati tugu ke ruang diorama, ruang kemerdekaan dan pelataran cawan.

"Tadi karen hujan, pas datang udah kehabisan yang untuk ke atas," kata Rahmat.

Namun, ia mengaku tidak kecewa karena tidak dapat menikmati pemandangan Jakarta dari puncak tugu Monas. 

"Yang penting cucu udah liat Monas kaya gimana, udah seneng," ujarnya.

Baca juga: Perayaan Natal di DKI Jadi Momen Kolaborasi Pemerintah dan Warga

Pengunjung lain, Sulastri, 51, sengaja memilih ke Monas karena merupakan destinasi yang murah. Warga Tangerang tersebut datang ke Monas dengan menggunakan TransJakarta. 

"Murah, enak, ke sininya juga gampang," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung saat libur Nataru, pihak UPT Monas bekerja sama dengan pihak Bank DKI untuk membuka loket tambahan.

"Ada loket tambahan, itu dari Bank DKI. Pada hari-hari tertentu ada mobil Puskemas yang stand by di sini. Tapi jumlah petugas tetap," kata Endarti.

Selain masuk ke tugu Monas, para pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan video mapping selama musim libur Nataru. Menurut Endarti, pemutaran video mapping dilakukan pada jam 19.00 dan 20.00 WIB selama 25 menit. 

Adapun saat malam pergantian tahun, pertunjukan video maping akan dilaksanakan lima kali pemutaran hingga pukul 00.00 WIB. (A-4)

VIDEO TERKAIT:

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More