Rabu 25 Desember 2019, 11:25 WIB

Perayaan Natal, Penghormatan terhadap Seluruh Aspek

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Perayaan Natal, Penghormatan terhadap Seluruh Aspek

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

 

SEKRETARIS Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai perayaan Natal kali ini disambut dengan semangat solidaritas masyarakat. Pihaknya menyadari ketika nilai spiritualitas dipahami dalam seluruh dimensi kebudayaan Indonesia, maka semangat merawat alam dan lingkungan akan menjadi bagian dari ekspresi keagamaan.

“Natal penuh semangat solidaritas, keberpihakan bagi yang miskin dan penghormatan terhadap seluruh aspek kemanusiaan,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (25/12).

PDI Perjuangan, kata Hasto, menganggap nilai-nilai ketuhanan yang terkandung dalam Pancasila meniru sifat-sifat Tuhan sekaligus dihayati dalam relasi dengan sesama. Sehingga, nilai ketuhanan tersebut menyatu dengan nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Baca juga: Pesan Anies untuk Perayaan Natal: Jaga Persatuan dan Perdamaian

Lalu, musyawarah dengan masyarakat di dalam menyelesaikan persoalan, memerjuangkan hadirnya keadilan sosial, sebagaimana dilakukan oleh negara Indonesia juga terkandung dalam nilai-nilai ketuhanan Pancasila.

"Dengan demikian, Pancasila yang membumi berarti memberikan penghormatan bagi setiap warga bangsa di dalam mengeskpresikan kehendaknya untuk memuji, menghormati dan mengabdi pada Tuhan dengan cara-cara yang berkebudayaan," tuturnya.

"Cara-cara yang mengekspresikan alam rasa dan alam pikir dalam satu kesatuan sehingga agama dan kepercayaan terhadap Tuhan hadir dalam kebaikan," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More