Rabu 25 Desember 2019, 08:33 WIB

Antisipasi Macet, Menhub Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal

Yurike Budiman | Megapolitan
Antisipasi Macet, Menhub Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal

MI/Sumaryanto Bronto
ARUS BALIK: Kendaraan terjebak kemacetan di tol Cikopo-Paliman, KM-121, Subang, Jawa Barat, Jumat (30/6).

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat yang berlibur ke luar kota untuk kembali ke Jakarta lebih awal, jangan bertepatan dengan libur Tahun Baru 1 Januari 2020. Hal ini guna mengantisipasi kemungkinan kemacetan panjang di sepanjang ruas tol Cipali.

"Terkait kemacetan di Cipali, saya mengimbau jangan tanggal 1 pulangnya (ke Jakarta). Saya menyarankan jangan pulang tanggal 1, kalau bisa pulang tanggal 29. Karena kalau tanggal 1 itu masih penuh sekali dari sana," kata Budi usai melakukan tinjauan di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Selasa (24/12).

Ia mengatakan Tol Cipali menjadi salah satu titik kritis saat arus balik nanti. Kepadatan arus balik tersebut terjadi karena para pengemudi akan berkumpul dalam satu titik.

"Orang akan berkumpul di satu titik. Rest areanya kurang, jaraknya 300 kilometer, itu akan banyak risiko," ujarnya.

Baca juga: Tol Trans Sumatra Mulai Dipadati Pemudik Libur Nataru

Budi juga akan berkoordinasi dengan Kakorlantas bilamana memerlukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di Cipali.

"Kalau padat sekali diberlakukan one way, tapi tidak begitu padat ya ada contraflow. Kalau tidak (padat) ya biasa. Jadi rekayasa lalu lintas itu kewenangan dari Kakorlantas. Karena urusan itu saya harus lapor dengan Kakorlantas. Masukannya seperti apa, bapak (kakorlantas) yang putuskan. Diskresi bisa dilakukan setiap jam," tutur Budi.

Ia berharap dengan melakukan beberapa peninjauan di sejumlah titik dan mengimbau antisipasi kemacetan, pemudik dapat berlibur dan kembali ke Jakarta dengan aman dan nyaman.

"Mudah-mudahan mudik ini tetap asyik karena Presiden selalu berpesan kepada saya, 'Pak menteri bahagiakan mereka yang akan mudik', begitu," pungkas Budi.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More