Selasa 24 Desember 2019, 21:44 WIB

Kelamaan di jalan Menuju Liburan, Ini Aplikasi Penghilang Bosan

Antara | Nusantara
Kelamaan di jalan Menuju Liburan, Ini Aplikasi Penghilang Bosan

Alastair Pike / AFP
Aplikasi video streaming

 

MENIKMATI liburan akhir tahun memang menyenangkan, tapi perjalanan berjam-jam menuju tempat wisata atau kampung halaman kadang membosankan meski sudah menyiasatinya dengan tidur.

Untuk mengurangi kebosanan, Anda bisa mengunduh dan "memainkan" beberapa aplikasi untuk menemani perjalanan. Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa Anda mainkan agar perjalanan Anda lebih menyenangkan:

1. Aplikasi musik streaming

Salah satu aktivitas yang sering kali dilakukan untuk mengusir rasa bosan adalah mendengarkan musik. Di Indonesia, terdapat dua aplikasi musik streaming yang populer digunakan yaitu Spotify dan Joox.

Spotify memiliki bank lagu yang cukup lengkap, mulai dari lagu-lagu Indonesia, lagu Barat, hingga lagu berbahasa Mandarin dan musik K-Pop, yang dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS.

Lagu-lagu dalam Spotify dapat didengarkan secara gratis, namun pelanggan Spotify Premium memiliki previlege untuk mendengarkan musik yang diinginkan tanpa iklan dan mengunduh musik untuk didengarkan secara offline.

Dengan bank lagu yang cukup lengkap tersebut dapat menjamin Anda tidak bosan saat di perjalanan. Jangan lupa, unduh lagu dan simpan dalam playlist sebelum berangkat agar Anda tidak kerepotan mencari lagu yang ingin diputar selama perjalanan.

Sementara itu, Joox juga memiliki fitur offline sehingga dapat membantu untuk menghemat kuota sekaligus mengantisipasi jika Anda sedang melewati di tempat yang memiliki kualitas jaringan yang kurang baik.

Layaknya, Spotify, fitur offline Joox tersebut dapat dinikmati oleh pengguna versi berbayar alias pengguna VIP Joox. Pengguna gratis dapat mengakses fitur tersebut, namun musik hanya tersimpan dalam durasi yang lebih singkat.

2. Aplikasi video streaming

Menonton juga dapat menjadi aktivitas untuk mengusir bosan saat di perjalanan. Sejumlah aplikasi telah menawarkan layanan streaming video antara lain Hooq, Viu, Iflix, Netflix dan MAXStream.

Secara konten, penyedia layanan video-on-demand tersebut menayangkan film-film Indonesia, hingga Hollywood dan Bollywood, juga tak ketinggalan serial dari berbagai negara, termasuk K-Drama.

Tidak hanya itu, layanan video streaming tersebut juga membuat konten orisinal mereka sendiri, mulai dari bekerjasama dengan rumah produksi lokal seperti MD Pictures dan Starvision, hingga studio besar dunia seperti Sony Pictures dan Warner Bros.

Untuk dapat menikmati layanan video-on-demand tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi. Khusus untuk Hooq, Anda bisa menikmati konten dari layanan video streaming tersebut lewat aplikasi Grab.

Hampir seluruh aplikasi layanan video-on-demand tersebut telah dapat diputar lewat seluruh jaringan operator telekomunikasi Indonesia, kecuali Netflix yang tidak bisa dijalankan di jaringan milik Telkom.

Sementara itu, berbeda dari layanan video-on-demand lainnya, MAXStream justru merupakan platform marketplace dari sejumlah layanan video streaming, seperti Hooq dan Viu, serta HBO Go.

3. Youtube dan Youtube Music

Platform berbagi video Youtube sudah menjadi andalan untuk menemani perjalanan. Youtube juga telah memiliki fitur offline yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video yang ingin ditonton.

Youtube juga belum lama ini meluncurkan fitur Premium yang memungkinkan pelanggan untuk menonton video tanpa iklan. Layanan Youtube Premium terhubung dengan versi premium dari aplikasi musik streaming dari Youtube, Youtube Music, yang juga baru diluncurkan bulan lalu.

Youtube Music memiliki konten lengkap, sebab konten musik yang ada di Youtube juga hadir di aplikasi tersebut. Menariknya, Youtube Music memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio/video dengan sekali tekan tombol.

4. Smule

Bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan terjebak macet, aplikasi musik Smule dapat menjadi pilihan untuk membunuh bosan dengan berkaraoke lewat aplikasi tersebut.

Jika bosan berkaraoke sendiri, Anda juga dapat berduet dengan penyanyi aslinya. Sejumlah penyanyi, baik Tanah Air maupun mancanegara, seperti Anji dan Jessie J., telah membuat video khususdari lagu mereka, masing-masing "Dia" dan "Flash Light" untuk berduet.

5. Aplikasi gim

Bermain gim juga bisa menjadi opsi untuk membunuh rasa bosan, apalagi jika gim tersebut dapat dimainkan bersama-sama. Salah satu aplikasi gim yang dapat dimainkan oleh dua hingga empat pemain yaitu Ludo.

Aplikasi gim papan, yang dimainkan dengan dadu virtual, tersebut telah tersedia di App Store dan Play Store. Selain Ludo, aplikasi gim "Get Rich" juga dapat dimainkan bersama teman untuk mengusir bosan di perjalanan.

Terakhir, aplikasi gim terpopuler saat ini PUBG dan Call of Duty (COD) juga dapat dimainkan bersama atau yang sering disebut "mabar." Gim bertema "Battle Royale" tersebut dapat dimainkan duo atau tim bersama empat orang.

Baca Juga

MI/Kristiadi

Pasien Covid-19 Ditempatkan di Rusunawa Universitas Siliwangi

👤Kristiadi 🕔Rabu 25 November 2020, 10:00 WIB
Puluhan pasien terkonfirmasi positif covid-19 menjalani perawatan di Rusunawa Universitas Siliwangi, Kelurahan Mugarsari, Kecamatan...
MI/Hijrah Ibrahim

Petugas Lapas di Ternate Jadi Kurir Narkoba

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 25 November 2020, 09:11 WIB
Polres Ternate, Maluku Utara menangkap tersangka pengedar narkoba, seorang petugas Lembaga Pemasyarakatan Perempuan dan Anak Kelas III...
MI/Denny Susanto

Perusahaan Batu Bara Mendominasi Kasus Covid-19 di Murung Raya

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 25 November 2020, 08:45 WIB
Dari 81 total jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang terkonfirmasi positif, terdapat 65 orang di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya