Rabu 25 Desember 2019, 02:05 WIB

Trik Mudik Nyaman dengan Mobil Pribadi

M. Bagus Rachmanto | Otomotif
Trik Mudik Nyaman dengan Mobil Pribadi

Dok. MI
Trik Mudik Nyaman dengan Mobil Pribadi

TAK sedikit orang memilih mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Namun, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan mobil agar nyaman selama berkendara.
 
Tips berikut ini memaparkan bagaimana mobil harus dirawat sebelum melakukan perjalanan jauh.
 
1. Bersihkan mobil
Cuci dan bersihkan bagian luar dalam mobil sebelum memulai perjalanan. Hal ini penting karena nantinya mobil akan dipenuhi berbagai barang seperti buku, tas pakaian, mainan anak, dan lain-lain.

"Mobil yang bersih membuat penumpangnya merasa harus menjaga kebersihan juga selama perjalanan," ujar ahli pengaturan dan penyimpanan Emma Gordon.
 
2. Sediakan tempat sampah
"Taruhlah tempat sampah kecil dan buang isinya ketika mobil berhenti sebentar di toko atau rest area," saran Gordon.
 
Ia juga menganjurkan untuk membeli cairan disinfektan atau tisu basah untuk mempermudah membersihkan sesuatu yang kotor dan lengket di mobil.
 
3. Buat aturan
Tidak makan dalam mobil adalah aturan yang diterapkan dalam beberapa keluarga, tetapi sulit dipraktikkan jika memiliki anak kecil. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah makanan atau minuman yang tak meninggalkan noda parah jika tumpah.
 
4. Sering rapikan
"Ketika Anda berhenti untuk bermalam, luangkan waktu sejenak untuk merapikan mobil. Lipat dan tumpuk selimut dan bantal, singkirkan pengisi daya dan headphone," tukas Gordon.
 
Memulai perjalanan hari ini dengan mobil yang rapi membuat setiap kaki perjalanan terasa seperti perjalanan baru.
 
Tak hanyau itu, umumnya mereka yang melakukan perjalanan darat, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum, akan merasa pegal karena durasi yang cenderung lama dan tak bebas bergerak.
 
Saat mudik dan duduk untuk waktu yang lama dalam kendaraan, sebaiknya setiap dua jam sekali kita menggerakkan badan untuk melemaskan otot, melancarkan sirkulasi darah agar kembali segar.
 
Ia melanjutkan, terdapat dua gerakan peregangan, yaitu preventif dan kuratif. Gerakan preventif dilakukan sebelum rasa pegal terjadi; sementara gerakan kuratif dilakukan setelah terjadinya rasa pegal.
 
Setelah melakukan gerakan tersebut, Anda bisa menempelkan koyo untuk membantu memperlancar aliran darah dan memberikan rasa hangat di sekitar otot yang pegal.  (Medcom/OL-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More