Selasa 24 Desember 2019, 18:06 WIB

Kemendag Gelar Pertemuan dengan WTO Bahas Kebijakan Perdagangan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Kemendag Gelar Pertemuan dengan WTO Bahas Kebijakan Perdagangan

AFP/Fabrice Coffrini
Gedung pusat WTO di Swiss

 

KEMENTERIAN Perdagangan telah menggelar pertemuan dengan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) guna membahas capaian dan kinerja perdagangan Indonesia pada kurun 2014 hingga 2019.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (24/12), pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan Trade Policy Review Division (TPRD), Sergio Stamnas, Direktur Perundingan Multilateral Kemendag Dandy Satria Iswara, dan beberapa perwakilan kementerian lembaga dan BUMN.

Dalam pertemuan itu dikatakan, WTO akan mencermati aspek kebijakan dan program prioritas perdagangan internasional Indonesia dalam Trade Policy Review (TPR) ke-7 di WTO pada awal November 2020.

TPR merupakan mekanisme transparansi di WTO untuk meninjau perkembangan serta capaian kebijakan perdagangan anggota WTO di periode waktu yang telah ditentukan. Indonesia sendiri mendapatkan giliran untuk ditinjau tiap 7 tahun sekali.

Baca juga : Indonesia Akhirnya Seret UE ke WTO

"TPR bukanlah wadah untuk menghakimi dan menyengketakan kebijakan anggota WTO. TPR bertujuan menelaah kemajuan anggota WTO dari aspek kebijakan dan program prioritas yang mendukung perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Sergio.

Dandy mengungkapkan, pada prinsipnya TPR merupakan keterbukaan informasi dan penjelasan kebijakan tiap anggota WTO.

"Setiap anggota WTO diberikan kesempatan menyampaikan pandangan dan pertanyaan pada Indonesia. Untuk itu, ini kesempatan yang sangat baik untuk menyampaikan keberhasilan pemerintah Indonesia di bidang perdagangan kepada WTO," pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More