Selasa 24 Desember 2019, 08:40 WIB

Pengemudi Bisa Pesan BBM via Telepon

UL/JI/AD/DG/BB/HS/DW/YH/PT/N-1 | Nusantara
Pengemudi Bisa Pesan BBM via Telepon

ANTARA/OKY LUKMANSYAH
Petugas menata bahan bakar minyak kemasan di motor siaga di rest area KM 275 Tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kemarin

 

BERBAGAI upaya dilakukan untuk memperlancar dan mempermudah para pemudik maupun pelancong yang akan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di berbagai daerah. Salah satunya ialah layanan delivery service bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan yang kehabisan BBM di perjalanan.

Layanan itu diberikan PT Pertamina. Untuk mendapatkan Pertamina Delivery Service (PDS), pengemudi tinggal menelepon call center Pertamina dengan nomor telepon 135. Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, di wilayah Jawa bagian barat yang terdiri atas DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, pihaknya menyiapkan 16 titik layanan PDS.

Menurutnya, layanan tersebut diberikan untuk mendukung kebutuhan masyarakat terhadap BBM, khususnya mereka yang berada di jalur rawan macet. Layanan itu juga berlaku di tol elevated atau tol layang di ruas Jakarta-Cikampek (Japek).

Di tol layang Japek sepanjang 36,4 kilometer itu tidak tersedia rest area maupun satsiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Oleh karena itu, pengemudi telah diimbau untuk mengisi penuh tangki BBM kendaraan mereka sebelum memasuki tol tersebut. "Namun, dalam kondisi darurat, layanan PDS dari Pertamina bisa digunakan," ucapnya.

Dewi mengatakan, pemberian layanan PDS terlebih dahulu dikoordinasikan dengan aparat kepolisian dan Jasa Marga untuk mengawal antaran BBM tersebut karena sepeda motor tidak diperkenankan masuk ke jalur tol.

Sementara itu, arus lalu lintas di berbagai jalur terlihat makin ramai. Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur di Tol Trans-Jawa ruas Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, kemarin petang, terpantau ramai lancar. Meski volume kendaraan meningkat ketimbang hari biasa, tidak terlihat adanya kemacetan maupun antrean.

Lancarnya arus kendaraan pemudik terlihat mulai dari pintu masuk Brebes Timur ke arah timur hingga ruas tol di Kabupaten Tegal. Kepadatan kendaraan hanya terlihat di sejumlah rest area.

Demikian halnya di jalur selatan Jawa dari arah Jakarta dan Bandung menuju Jawa Tengah melalui Nagreg dan Tasikmalaya. Tim Supervisi Operasi Lilin Mabes Polri Komisaris Besar Kristiono mengatakan, puncak kepadatan lalu lintas diperkirakan akan terjadi malam ini. (UL/JI/AD/DG/BB/HS/DW/YH/PT/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More