Selasa 24 Desember 2019, 08:15 WIB

Bagaimana Menghindari Tertular Penyakit di Pesawat?

Bintang Krisanti | Weekend
Bagaimana Menghindari Tertular Penyakit di Pesawat?

Unsplash/ Suhyeo
Kabin pesawat adalah salah satu tempat yang rawan dengan risiko penularan penyakit.

PESAWAT sudah sering disebut sebagai salah satu tempat dengan risiko penularan penyakit yang tinggi. Sebabnya tentu saja karena ada banyak orang berkumpul dalam suatu tempat tertutup dalam waktu cukup lama.

Kuman atau sumber penyakit yang ada di pesawat bisa dibawa para penumpang yang memang berasal dari berbagai daerah, maupun karena kuman-kuman yang ada di pesawat itu sendiri.

Dilansir Daily Mail, Direktur Kesehatan Atlet dari English Institute of Sport (EIS), Inggris, dr. Craig Ranson menyebutkan jika kuman yang paling dikhawatirkan adalah kutu atau kuman yang menyerang saluran pernafasan. Banyaknya kuman di pesawat telah menjadi perhatian khusus dari institut tersebut sehingga mereka mengeluarkan panduan khusus bagi para atlet Inggris saat berpergian dengan pesawat.

Berikut beberapa tips dari EIS yang bisa anda terapkan:

1. Duduk Dekat Jendela
Pilihan tempat duduk ini disarankan untuk meminimalkan kontak dengan lebih banyak penumpang. Setidaknya dengan duduk di sebelah jendela, hanya akan bersinggungan langsung dengan satu orang penumpang.

2. Atur Arah AC
Anda perlu mengatur arah penyejuk udara yang berada di atas kepala. Aturlah agar tiupan AC itu mengarah ke sekitar wajah anda. Dengan cara ini diharapkan udara yang anda hirup cenderung lebih bersih dari udara sekitar. Meski begitu perlu diatur pula agar dinginnya semburan AC tidak malah membuat anda sakit.

3. Jangan Dekat Toilet
Saat mereservasi tiket, selain meminta tempat duduk dekat jendela, pastikan pula jika tidak dekat toilet. EIS menilai toilet merupakan tempat yang sibuk saat penerbangan maka berarti pula akan lebih banyak kuman ketimbang tempat lainnya yang tidak banyak aktivitas orang.

4. Bersihkan Sandaran Tangan
Seperti himbauan yang sering kita dengan sejak kecil, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak kuman dan paling mudah menjadi media penularan penyakit. Sebab itu pula di pesawat, bagian-bagian yang cenderung akan sering kita sentuh sebaiknya dibersihkan dulu. EIS menyarankan untuk membersihkan sandaran tangan dengan cairan anti-septik. Bisa pula anda membersihkan bagian-bagian lainnya, seperti remote dan berbagai tombol di tv pesawat, juga meja makan.

5. Banyak Minum
Saran terakhir dari EIS untuk menjaga kesehatan selama penerbangan adalah dengan banyak minum. Ini bukan hanya untuk menjaga hidrasi namun diharapkan juga dapat membersihkan mulut dan saluran pencernaan. Selamat mencoba dan tetap sehat hingga usai liburan! (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More