Sabtu 21 Desember 2019, 22:19 WIB

Mahfud MD tidak Keberatan Ucapkan Selamat Natal

Mahfud MD tidak Keberatan Ucapkan Selamat Natal

Antara
Menko Polhukam Mahfud MD

 

MENKO Polhukam Mahfud MD meminta kontroversi tentang mengucapkan selamat Natal oleh umat Muslim seharusnya bisa diakhiri. Jika dulu pernah ada fatwa MUI tentang mengucapkan selamat Natal, yang bila ditafsirkan mengucapkan hal itu tidak boleh.

Namun, dia menambahkan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang juga Ketua MUI nonaktif juga mengatakan mengucapkan Natal kepada yang merayakan diserahkan kepada masing-masing warga.

Mahfud yang ditemui saat halakah kebangsaan di Pondok Pesantren Al Amien Kediri, Jawa Timur, Sabtu (21/12), menambahkan fatwa adalah pendapat yang tidak harus diikuti. Bahkan, fatwa Mahkamah Agung (MA) juga tidak harus diikuti. Yang harus diikuti adalah vonis dari MA.

Mahfud mengatakan, fatwa ulama tidak harus diikuti karena setiap ulama fatwanya berbeda. Misalnya, fatwa Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan MUI berbeda tentang Natal. Hal itu juga sama ketika berbicara tentang fatwa bunga bank, antara NU, Muhammadiyah, dan MUI.

Dirinya juga mengaku tidak keberatan untuk mengucapkan selamat Natal kepada seluruh yang merayakan. Dirinya berharap agar yang merayakan diberkahi Tuhan. (X-15)

Baca juga: Ucapkan Selamat Natal, Prabowo Disentil Pendukungnya

Baca juga: Pohon Natal Berbahan Daur Ulang di Tengah Kota Jakarta

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More