Sabtu 21 Desember 2019, 06:40 WIB

Bersinergi Atasi Penyakit Menular

(Ata/H-1) | Humaniora
Bersinergi Atasi Penyakit Menular

Ardi Teristi Hardi
MENKO Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD

 

MENKO Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengimbau kepada seluruh kementerian/lembaga untuk menyampingkan ego sektoral dalam upaya mengatasi penyakit menular di Indonesia. Sampai sekarang Indonesia dinilai belum bersinergi dalam upaya menyejahterakan rakyat di bidang kesehatan.

"Jadi, penyakit pertama itu ego sektoral. Kedua adalah korupsi. Masing-masing tidak mau kolaborasi kalau anggarannya terganggu atau mudah dikontrol. Hati-hati, ini masalah kesehatan menyangkut nyawa masyarakat," kata Mahfud di Kantor Kementerian Kesehatan, kemarin.

Saat ini, penyebaran penyakit menular masih menjadi ancaman Indonesia dan berdampak pada stabilitas keamanan dalam dan luar negeri. Sebanyak 26 kementerian/lembaga tengah membentuk rencana aksi atau dikenal sebagai dokumen National Action Plan Health Security (NAPHS). Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes, M Subuh, menyatakan adanya NAPHS diharapkan seluruh pemangku kepentingan berperan aktif dalam melakukan kegiatan ketahanan kesehatan di Indonesia. (Ata/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More