Sabtu 21 Desember 2019, 03:45 WIB

SecondBorn Lantunan Suara sang Legenda

Galih Agus Saputra | Weekend
SecondBorn Lantunan Suara sang Legenda

MI/SUMARYANTO BRONTO
SecondBorn Lantunan Suara sang Legenda

Kick Andy Show menampilkan narasumber band dan penyanyi tribute di Indonesia yang membentuk band maupun menyanyi karena sebelumnya menjadi fan berat.

MEREKA ialah penyanyi dan juga anggota band, tapi menariknya mereka berasal dari kalangan penggemar (fan). Seperti sekelompok pria paruh baya ini, yang mana pada awalnya mereka ialah penggemar Queen. Mereka berasal dari Balikpapan yang sejak 25 September 1989 lalu membentuk sebuah band bernama SecondBorn.

Abdul Kadir ialah motor dan penggagas band yang sudah manggung selama puluhan tahun itu. Kala mendirikan, Abdul mengajak teman-temannya, seperti Deddy Isman, Raymond Patty, dan Ayib Bahasyim. Hingga saat ini, SecondBorn yang terdiri atas enam personel itu secara konsisten melakukan pertunjukan musik di berbagai daerah di Indonesia. Mereka memiliki penggemar tersendiri yang juga merupakan pencinta lagu-lagu Queen yang telah melegenda. Pada masa yang akan datang, SecondBorn berharap untuk tetap eksis dan menjadi warna tersendiri di kancah musik Indonesia.

Namun, vokalis SecondBorn Ophie Danzo mengatakan bahwa band yang digawanginya saat ini sebenarnya dulu pertama kali berdiri lebih banyak menyanyikan (tribute) karya-karya The Beatles. Hanya, ketika mereka hendak mengadu nasib ke Jakarta, mereka lantas beralih ke Queen karena sadar sudah banyak yang sudah membawakan The Beatles di Ibu Kota.

"Katanya kapling The Beatles sudah banyak yang pakai. Jadi akhirnya kita mencari kapling yang kosong dan lalu akhirnya Queen yang kita pakai. Selain itu, dulu SecondBorn memang dibentuk sebagai sebuah band yang personelnya bisa bernyanyi semua. Jadi ini semua personel penyanyi juga dulunya," imbuh Danzo.

Personifikasi

Danzo juga menjelaskan bahwa dewasa ini, SecondBorn tidak membentuk personifikasi Queen sesuai dengan para personel di dalamnya. Mereka hanya membawakan musik atau karyanya bagi para penggemar yang ada di seluruh Indonesia. Abdul Kadir sendiri sebagai musisi mengatakan bahwa dulunya ia tidak pernah memainkan musik klasik. Perjumpaannya dengan Queen lantas menjadi kesan tersendiri yang mana di kesempatan selanjutnya justru dari band asal Britania Raya itulah Abdul mengenal banyak unsur musik klasik.

Sementara itu, drumer SecondBorn Raymond W M Patty mengatakan bahwa permainan drum pada lagu-lagu Queen seluruhnya memiliki kesulitan tingkat tinggi, "Yang paling gampang, ya Love of My Life karena tidak ada drumnya. Lainya, seperti Bohemian Rapshody dan lain-lain, perpindahan part-nya luar biasa," imbuhnya.

Bagi para personel SecondBorn, Queen tidak hanya mengajarkan mereka dalam hal musik atau karya. Mereka juga mengajarkan nilai-nilai tertentu, apalagi yang berhubungan dengan hidup dan persahabatan. Salah satu kisah menyentuh yang pernah diketahui Danzo melalui film biopik Queen ialah masa-masa yang mana Freddie Mercury mengakui jati dirinya terhadap para personel lainnya.

"Teman-temannya masih merangkul dan mudah-mudahan di SecondBorn juga karena alhamdullilah kami kan sudah 30 tahun, mudah-mudahan masih bisa 60 tahun, kemudian 60 tahun lagi, dan seterusnya," imbuhnya. (M-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More