Jumat 20 Desember 2019, 21:55 WIB

Belajar Membuat Animasi dengan Pelajar SMK

Sumantri | Weekend
Belajar Membuat Animasi dengan Pelajar SMK

ANTARA/Risky Andrianto
Uji coba games animasi saat peluncuran film dan games animasi karya siswa Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK).

DUNIA animasi sejatinya akrab dengan kehidupan kita sehari-hari sebagai tontonan di televisi. Namun mungkin hanya sedikit dari kita yang mengetahui cara pembuatannya

Untuk itu, guna lebih memperkenalkan dunia animasi kepada para pelajar atau pengunjung di Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said mengajarkan bagaimana caranya membuat film animasi tersebut. Acara itu mereka lakukan dalam ICEFEST 2019 yang berlangsung pada 19-29 Desember 2019.

Baca juga: Bengkel Animasi dan Sinar Mas Land Gelar BEAST 2019

Menurut Galuh Paskamagma, selaku Program Associate Djarum Foundation, kehadiran SMK Raden Umar Said dalam ajang yang mengangkat tema GooGoo Space Journey tersebut untuk memperkenalkan sekolah animasi kepada pelajar SD hingga SLTA. Tujuannya agar mereka mengetahui lebih dalam tentang dunia animasi dan perkembangannya di dunia saat ini.

"Selama event ini digelar, kami akan memberikan pengalaman baru dengan menggelar kelas-kelas rutin untuk mengajarkan pembuatan film animasi," kata Galuh.

Mentor yang menangani mereka adalah siswa-siswi dari SMK Raden Umar Said yang sudah memiliki kompetensi tinggi di bidangnya.

"SMK Raden Umar Said yang berdomisili di Kudus, Jawa Tengah dan binaan dari Djarum Foundation ini merupakan sekolah unggulan di Indonesia untuk bidang pembuatan animasi, sehingga kemampuannya sudah bisa diandalkan," kata dia.

Dan peserta atau pengunjung yang mengikuti kelas-kelas pembelajaran animasi ternyata sangat antusias.

Pada kegiatan tersebut, lanjut Galuh, pihaknya tidak hanya menghadirkan.kelas-kelas singkat. Melainkan juga mengajak peserta untuk mengikuti Master Class Workshop bersama orang-orang hebat di dunia animasi.

Salah satunya, kata dia, Chris Lie, animator Indonesia yang namanya sudah tidak asing lagi sebagai ilustrator yang mendesain GI-Joe hingga Transformers. Ia membuka kelas workshop itu dengan tajuk digital drawing pada Jumat (20/12).

Menurut Cris Lie, drawing dalam dunia animasi merupakan dasar yang perlu dipahami. Pasalnya, kata dia, dari tahapan itu illustrator akan dapat merangkai kerangka berpikir sebelum menghasilkan karya.

"Saat ini proses drawing sangat mudah. Karena semuanya sudah digital," kata dia.  (SM/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More