Jumat 20 Desember 2019, 20:20 WIB

Firli Tangkis Anggapan Miring seputar KPK

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Firli Tangkis Anggapan Miring seputar KPK

ANTARA
Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) menerima memori jabatan dari Ketua KPK periode 2015-2019 Agus Rahardjo (kiri)

 

USAI dilantik, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, mengungkapkan dirinya akan memprioritaskan pemberantasan korupsi.

"Kita langsung ke pemberantasan korupsi," terangnya usai dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/12).

Terkait dengan anggapan kinerja KPK bakal menurun karena pimpinan KPK baru dan keberadaaan Dewan Pengawas KPK, Firli menganggapnya sebagai hal biasa. Sebagai Ketua KPK, ia akan mengevaluasi kinerja KPK untuk memperbaiki dan memperkuat KPK.

"Ya kita evaluasi saja. Lihat yang mana yang kurang, kita perbaiki. Yang mana yang lemah kita perkuat. Gitu saja kok. Biasa aja kok," terusnya.

Ia juga menepis anggapan bahwa banyak pegawai KPK mengundurkan diri karena tidak setuju dengan aturan pegawai KPK harus aparatur sipil negara (ASN).


Baca juga: Tumpak Komit Bawa KPK sebagai Garda Terdepan Berantas Korupsi


"Ini yang saya harus jelaskan. Pegawai KPK yang mengundurkan diri itu tidak ada kaitan dengan pengangkatan ASN. Waktu saya deputi, tiga orang yang mengundurkan diri. Satu, karena nikah. Dua, karena bekerja di instansi lain. Tiga, dia mendapat pekerjaan lain. Sama dengan 12 ini. Jadi itu tidak ada kaitan dengan ASN," tandasnya.

Menurutnya, pengunduran diri pegawai KPK itu juga tidak terkait dengan pimpinan baru. Firli juga menegaskan bahwa hubungan pegawai KPK dan pimpinan KPK tetap bersatu.

Ia juga menepis anggapan Komisioner KPK yang kurang berintegritas.

"Kalau kita tidak memiliki integritas, kita gak akan lulus tes," tegasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More