Jumat 20 Desember 2019, 18:45 WIB

H-5 Jelang Libur Nataru, Penumpang Kapal di Maumere Membeludak

Alexander P Taum | Nusantara
H-5 Jelang Libur Nataru, Penumpang Kapal di Maumere Membeludak

MI/Alexander P Taum
H-5 Jelang Libur Nataru, Penumpang Kapal di Maumere Membeludak

 

LIMA hari menjelang (H-5) Hari Raya Natal di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, diwarnai lonjakan arus penumpang yang memilih mudik ke sejumlah wilayah di Pulau Flores.

KM Lambelu yang melayani rute Balikpapan-Pare-pare-Makassar-Maumere-Larantuka, dan Kupang yang tiba di Pelabuhan L Say, Maumere, Kamis (20/12), menurunkan 1.400 penumpang, umumnya berasal dari daratan Flores yang selama ini bekerja di beberapa daerah seperti Kalimantan dan Makassar.

Pantauan Media Indonesia Jumat (20/12) siang, para penumpang yang turun menggunakan dua tangga kapal tampak berdesak-desakan untuk turun. Namun, kesigapan aparat keamanan mempermudah proses embarkasi penumpang.

Kepala Pelni Maumere, Samto, menjelaskan, lonjakan penumpang mulai terlihat sejak Rabu (11/12) lalu.

"KM Bukit Siguntang menurunkan 1.000 lebih penumpang di Pelabuhan L Say, Kamis (19/12) kemarin, KM Umsini menurunkan 1.100 dan Jumat (20/12) ini, KM Lambelu menurunkan sekitar 1.400 penumpang," ungkap Kepala Pelni Maumere, Samto, ditemui Media Indonesia, Jumat.


Baca juga: Gubernur Kaltara Tegaskan bahwa Manfaat PLTA akan Besar Sekali


Samto memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada trip KM Bukit Siguntang berikutnya, yakni Minggu (22/12) dan KM Lambelu pada Sabtu (28/12). Samto menegaskan, lonjakan penumpang ini terjadi disebapkan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

"Lonjakan penumpang ini terjadi setiap tahun menjelang Natal dan Tahun Baru, diperkirakan lonjakan penumpang terakhir pada Minggu (22/12) dan Sabtu (28/12) karena nanti Kapal Lambelu berangkat Senin (30/12) ke arah Makassar," ujarnya.

Diperkirakan saat arus balik hanya ada KM Umsini yang akan berlayar pada 4 Januari 2020 dan KM Bukit Siguntang yang berlayar pada 7 Januari 2020.

"Itu nanti 2 kapal tersebut kembali dan mulai sekarang para penumpang yang ingin baik harus sudah mulai membeli tiket, sehingga bisa mendapat tempat seat dari Maumere," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Istimewa

Laporkan Hidayat-Bartho, Tim Hukum No.2 Minta Bawaslu Tegas

👤Mitha Meinansi 🕔Rabu 25 November 2020, 18:00 WIB
TIM Hukum Koalisi Cagub/Cwagub nomor urut 2 Rusdy Mastura - Ma'mun Amir melayangkan laporan terhadap paslon nomor urut 1 Hidayat...
MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Minta KBM dan Pesta Dihentikan Dulu

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 25 November 2020, 17:35 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka meminta kegiatan belajar mengajar tatap muka dan pesta dihentikan sementara, menyusul meninggalnya pasien...
MI/Gabriel Langga

Warga Cipongkor Resah akibat Delapan Orang Digigit Anjing Liar

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 25 November 2020, 17:35 WIB
Kepala Desa Cibenda, Abdul Rohman, menerangkan, total ada sekitar delapan orang yang telah menjadi korban gigitan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya