Jumat 20 Desember 2019, 15:23 WIB

Gerindra Berharap Dewas KPK Tingkatkan Kinerja Lembaganya

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Gerindra Berharap Dewas KPK Tingkatkan Kinerja Lembaganya

Dok.MI
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Muzani

 

WAKIL Ketua MPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Muzani menuturkan keberadaan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan mampu membantu kinerja KPK. Para anggota Dewas yang baru ditunjuk oleh presiden harus mampu memahami keinginan presiden unutk menciptkan pemerintahan yang bersih.

"Sehingga KPK adalah satu instrumen yang diharapkan bisa menjadi alat untuk menciptakan pemerintahan yang bersih sehingga semua instrumen apakah itu komisioner dan pengawas menjadi satu kesatuan dari proses pemberantasan korupsi dan upaya menciptakan pemerintahan yang transparan," ujar Muzani di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (20/12).

Muzani menuturkan, nama-nama Dewas KPK merupakan kewenangan sepenuhnya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari ke-5 nama yang sudah terpilih Muzani menilai Jokowi memiliki pertimbangan yang matang dalam mengisi posisi sebagai anggota Dewas KPK.

"Kami berharap kan nama-nama itu bisa menjadi satu kesatuan dengan nama-nama komisioner KPK yang telah dipilih oleh DPR dan dilantik Presiden pada hari ini. Nama-nama itu saya kira nama-nama yang cukup terpercaya di publik, nama-nama yang cukup teruji selama ini," ujarnya.

Baca juga: Tumpak Ditunjuk Sebagai Ketua Dewas KPK Pertama

Adapun ke 5 nama anggota Dewas KPK ialah Tumpak Hatorangan Panggabean selaku ketua, diikuti 4 anggotanya yaitu Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsudin Haris.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melantik ke-5 komisioner baru KPK yang telah dipilih oleh DPR. Menanggapi hal tersebut, Muzani menuturkan bahwa ke-5 komisioner yang baru dilantik bisa melanjutkan kinerja KPK jilid sebelumnya dengan baik.

"Saya berharap komisioner KPK yang akan dilantik nanti adalah komisioner yang akan meneruskan komitmen dalam hal menciptakan pemerintahan yang bersih dan hal memberantas korupsi," ungkapnya.

Menurut Muzani, KPK di bawah era kepmimpinan Agus Rahardjo telah bekerja dengan sangat baik. Maka dari itu, penting bagi Firli dan kawan-kawan dapat meneruskan kinerja KPK untuk menciptakan pemerintahan yang berish.

"Meskipun banyak catatan saya percaya pada komisioner yang baru ini bahwa kan menciptakan dan akan selalu bekerja maksimal dalam memberantas korupsi di Indonesia," ujarnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More