Jumat 20 Desember 2019, 06:30 WIB

Jamkrindo Penjamin KUR Terbaik 2019

(Mir/E-3) | Ekonomi
Jamkrindo Penjamin KUR Terbaik 2019

Dok. Jamkrindo
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (tengah) memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto (kanan)

 

Perum Jamkrindo mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik dalam ajang Penghargaan Kredit Usaha Rakyat 2019 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki disaksikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kemarin.

"Penghargaan ini menjadi pendorong bagi Perum Jamkrindo untuk terus berinovasi memberikan layanan yang prima bagi kepentingan UMKM," kata Randi dalam sambutannya.

Dalam pidatonya, Airlangga menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif berada di angka 5% di saat ketidakpastian kondisi global terbantu oleh sektor usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang tetap tumbuh baik.

UMKM yang umumnya sebagai penerima KUR telah menyerap 116 juta pekerja dengan kontribusi sebesar 60% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Peran strategis itu, kata Airlangga, tak terlepas dari pembiayaan bank layak pembiayaan dan bank yang belum layak pembiayaan seperti Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), pembiayaan Mekaar, dana bergulir dari LPDB, Bank Wakaf Mikro, hingga KUR yang berbunga rendah.

"Di 2020 total akumulasi KUR perdagangan akan dinaikkan dari Rp100 juta jadi Rp200 juta. Penyaluran KUR dinaikkan dari Rp140 triliun jadi Rp190 triliun. Pada 2024 jadi Rp325 triliun. KUR sektor produksi harapannya ditingkatkan jadi 60%," terang Airlangga.

Fasilitas itu diberikan pemerintah sebagai bentuk nyata mendorong UMKM agar bisa lebih maju dan lebih baik lagi ke depannya.

Ajang Penghargaan Kredit Usaha Rakyat 2019 juga memberikan penghargaan kepada BRI sebagai penyalur KUR terbaik, DJPb Bali mendapat penghargaan sebagai kantor wilayah direktorat jenderal perbendaharaan pendukung KUR terbaik dan Jawa Tengah mendapat penghargaan sebagai pemerintah provinsi pendukung terbaik. (Mir/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More