Kamis 19 Desember 2019, 21:46 WIB

UMKT Diharapkan Ciptakan SDM Unggul di Ibu Kota Baru

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UMKT Diharapkan Ciptakan SDM Unggul di Ibu Kota Baru

Dok. Kemenko PMK
Peresmian Gedung UMKT dan peletakan batu pertama

 

KEBUTUHAN sumber daya manusia (SDM) unggul di Kalimantan Timur yang jadi lokasi ibu kota baru, jadi perhatian Muhammadiyah dalam pendirian Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap UMKT dapat menjadi katalis dalam meningkatkan SDM unggul di Kaltim.

"Penting untuk menyiapkan SDM, karena kita tidak bisa lagi mengandalkan sumber daya alam, sehingga saat ini waktunya kita memikirkan SDM di Kaltim" ujar Menko PMK yang ikut meresmikan Gedung Ir. H Juanda UMKT dan meletakkan batu pertama pembangunan UMKT.

Adanya UMKT, lanjut Muhadjir juga diharapkan membuat pertumbuhan Indonesia semakin merata di semua daerah dan menghilangkan jawasentris.

"Jakartasentris menuju Indonesiasentris dan yang menjadi pusatnya adalah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Jangan sampai menimbulkan sentris baru yaitu Kalimantansentris yang pertumbuhannya bukan generatif, tapi parasitis", tegasnya.

Baca juga : Guru Besar UT: Sistem Pembelajaran Online Ciptakan Keadilan

Di sisi lain, UMKT juga perlu aktif menjalin kerja sama dengan pihak swasta dalam membangun Kaltim. kerja sama tersebut akan menopang ibu kota baru nantinya.

"Dibutuhkan kerjasama semua sektor untuk membangun ibukota baru, salah satunya swasta dan perguruan tinggi," tukasnya.

Sementara itu, Menko PMK mengapresiasi IPM Indonesia yang masuk dalam kategori negara dengan IPM tinggi dengan skor 0.707. Salah satu indikatornya adalah usia harapan hidup mencapai 71.9 tahun.

Angka usia sekolah juga naik dengan rata-rata lama sekokah 8 tahun dan harapan lama sekolah 12.9 tahun atau setara diploma satu. Maka tantangan Pemerintah adalah menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak tersebut.

Hadir dalam acara peresmian UMKT itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar; Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan; Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir; dan Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Bambang Setiaji. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More