Kamis 19 Desember 2019, 19:23 WIB

Mentan Syahrul Minta Bulog Bersiap Serap Gabah Petani

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Mentan Syahrul Minta Bulog Bersiap Serap Gabah Petani

MI/Lina Herlina
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta Perum Bulog mulai mempersiapkan diri untuk menyerap gabah dan beras petani pada musim panen raya tahun depan.

Saat ini, berbagai wilayah sentra padi di Tanah Air mulai diguyur hujan sehingga proses tanam bisa segera dilakukan.

Diprediksi, masa panen akan dimulai pada Maret 2020. "Maret petani akan panen raya. Persiapkan untuk menyerap gabah petani," ujar Syahrul saat menyambangi Kantor Perum Bulog.di Jakarta, Kamis (19/12).

Upaya tersebut, menurut dia, harus dilakukan demi menjaga harga di tingkat petani tidak jatuh ketika ketersediaan sedang melimpah. "Serapan itu bisa dijadikan stok bahkan bisa untuk ekspor," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri menyampaikan bahwa kebutuhan beras nasional saat ini dalam kondisi aman.

Menurut Kuntoro, musim panen yang bakal berlangsung pada awal tahun ini akan menambah jumlah stok yang ada, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik.

"Data yang dimiliki Bulog saat ini cadangan beras di gudangnya mencapai 2,3 juta ton. Artinya kebutuhan beras aman. Apalagi awal tahun ini kita akan memasuki panen raya," ujar Kuntoro.

Kuntoro menjelaskan, perhitungan rata-rata konsumsi nasional saat ini mencapai 111,58 kilogram per kapita per tahun, dengan angka produksi beras diperkirakan mencapai titik surplus sebanyak 4,64 juta ton pada periode ini.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More