Kamis 19 Desember 2019, 18:05 WIB

Polda Metro Jaya Siap Amankan Ibu Kota di Natal dan Tahun Baru

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Polda Metro Jaya Siap Amankan Ibu Kota di Natal dan Tahun Baru

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono (kiri) dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono (kedua kiri) gelar kesiapan Operasi Lilin.

 

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru dengan giat 'Operasi Lilin 2019' di Ibu Kota Jakarta.

Bahkan sedikitnya 191.807 petugas gabungan akan disiagakan demi kelancaran agenda tahunan tersebut.

"Amanat kapolri. Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pam, pemangku kepentingan yan dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan serta rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya natal dan tahun baru 2020," kata pria yang akrab disapa Gatot, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/12).

Baca juga :  Polri Siapkan Operasi Lilin untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan 10 hari mulai Senin (23/12) hingga (1/1).

Menurut Gatot, petugas gabungan fokus pengamanan terhadap 61.308 objek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, hingga bandara.

"Petugas gabungan itu terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel dari instansi terkait di antaranya satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka. Personel itu ditempatkan di 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu," sebutnya

Gatot menegaskan pasukan Operasi Lilin Jaya dipastikan memiliki kesiapsiagaan personel, peralatan pengamanan, solidaritas pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman pada masyarakat dalam merayakan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Strategi yg ditetapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preentif dan preventif dengan didukung kegiatan intelejen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta gakkum yang tegas dan professional," paparnya

Gatot juga mengimbau jajarannya untuk bersinergi dengan instansi lainnya. Begitu juga menerapkan strategi serbaguna dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan kerawanan tiap daerah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat pada operasi lilin 2019. Semoga apa yang saudara tunjukan pada operasi menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan. Tidak lupa saya mengucapkan selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," pungkasnya. (Fer/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More