Kamis 19 Desember 2019, 17:45 WIB

Ini Tanda Anda Harus Pindah Kerja

Thalatie K Yani | Weekend
Ini Tanda Anda Harus Pindah Kerja

123rf
Bosan pada pekerjaan. Sudah saatnya pindah kah?

PEKERJA yang bahagia, bekerja lebih produktif. Sayangnya bila karyawan sudah jenuh, produktifitasnya pasti menurun. Bahkan saat dilakukan survei oleh Jobstreet, 64% pekerja di Indonesia merasa tidak puas dengan pekerjaannya.

Lalu bagaimana anda tahu sudah saatnya mencari pekerjaan baru? Coba tanya 8 hal ini ke diri anda.

1. Apakah pekerjaan yang dijalani saat ini menahan Anda berkembang?
Apakah pekerjaan ini menunda rencana anda melanjutkan pendidikan atau menghambat liburan keluarga karena tidak mendapatkan izin cuti? Sebandingkah pengorbanan anda dengan apa yang anda dapatkan? Jika Anda menilai pekerjaan saat ini akan membawa Anda kepada kebahagiaan atau mencapai potensi tertinggi Anda, maka pekerjaan tersebut patut dipertahankan.

2. Apakah makin sulit bagi Anda untuk termotivasi?
Dulu anda merasa pekerjaan anda menarik, namun seiring waktu kehilangan minat dan mulai malas bekerja. Antusiasme anda pun turun dan lebih tertarik hal lain selain pekerjaan kantor. Saatnya pertimbangkan opsi lain.

3. Apakah Anda sering merasa lelah setelah bekerja?
Menghabiskan waktu di kantor terlalu lama dan membuat anda bosan. Pulang kantor anda merasa lelah secara fisik dan mental. Kondisi itu akan memengaruhi kehidupan anda terhadap keluarga dan kawan di luar.

4. Apakah gaji Anda terlalu kecil untuk menutupi kebutuhan finansial?
Jika pekerjaan Anda tidak mudah, pekerjaan Anda harus menguntungkan.

5. Apakah Anda sering mengorbankan integritas Anda karena pekerjaan?
Kerja membutuhkan pengorbanan. Namun semua keputusan yang dibuat harus konsisten dengan integritas dan nilai dalam diri anda. Jangan berakhir dengan kekecewaan dan penyesalan.

6. Apakah Anda direndahkan atasan dan rekan kerja?
Takut jujur secara intelektual kepada atasan dan rekan kerja karena ide anda slealu ditolak? Kondisi ini akan mempersulit penilaian anda karena waktu dan usaha yang dilakukan tidak pernah diapresiasi. Kondisi ini membuat Anda mundur dari pekerjaan dan teman sampai akhirnya membuat Anda lepas dari semua itu.

7. Apakah Anda menjadi apatis terhadap pekerjaan?
Kehilangan semangat sudah biasa, tapi ketika apatis pada pekerjaan dan tidak peduli maka hasilnya membuat anda kehilangan energi positif.

8. Apakah Anda tidak lagi memiliki kesempatan berkembang secara profesional?
Peningkatan karier harus menjadi hal pertama dalam daftar Anda. Pastinya, peningkatan tidak hanya terjadi ketika Anda menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang lebih, menilai ekspektasi, dan keluar dari zona nyaman Anda. (RO/M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More