Kamis 19 Desember 2019, 14:35 WIB

Banyuwangi Optimistis Kunjungan Wisatawan Meningkat saat Natal

Usman Afandi | Nusantara
Banyuwangi Optimistis Kunjungan Wisatawan Meningkat saat Natal

ANTARA
Wisatawan di Pantai Marina Boom, Banyuwangi.

 

Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur optimistis kunjungan wisatawan pergi ke Banyuwangi akan meningkat drastis.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbundar) Banyuwangi, MY Bramuda saat ditanya Media Indonesia di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (19/12).

Pihaknya mengatakan, dengan dibukanya pendakian gunung Ijen pasca kebakaran beberapa waktu yang lalu. Serta panjangnya pelaksanaan libur tahun ini, akan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Banyuwangi.

"Melihat panjangnya libur tahun ini kita optimistis kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan meningkat. Apalagi Ijen aktif kembali, karena kekuatan kita ini adalah ijen," kata Bramuda, Kamis (19/12). ''Sepanjang ijen ini masih normal, saya kira kunjungan wisatawan ke
Banyuwangi bisa stabil."

Bram, juga mengungkapkan pihaknya sudah melakukan rapat kordinasi dengan berbagai pihak. Sehingga dengan demikian semua destinasi wisata di Banyuwangi telah siap, dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita juga sudah melakukan rapat dengan berbagai pihak, terkait kesiapan. Tahun ini kita juga mepredikisi adanya kenaikan kunjungan wisatawan," katanya.

Terkait dengan ketersediaan kamar hotel di seluruh Banyuwangi, mulai 20 Desember 2019, katanya, okupansi kamar mengalami peningkatan, dan hanya tersedia 1 sampai 2 kamar saja. "Kita cek hunian hotel mulai tanggal 20 sudah agak sulit, ketersediaan
kamar hanya 1 atau 2. Ini menandakan, bahwa sepertinya orang jauh-jauh hari sudah boking kamar di hotel kita," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat sambutan mengatakan, tren angka pengunjung wisatawan ke Banyuwangi selalu meningkat setiap tahunnya. Sehingga hal tersebut menjadi upaya yang serius bagi pemkab untuk terus selalu berbenah dalam mengembangkan wisata di Banyuwangi.

"Alhamdulillah progres Banyuwangi ini sangat luar biasa, dulu kemiskinan kita 20,4% sekarang 2019 turun menjadi 7,4%. Tahun 2010
wisatawan pergi ke Banyuwangi hanya 491 ribu orang. Namun kini 2019, wisatawan pergi ke Banyuwangi jumlahnya 5,3 juta. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi kita," katanya. (UA/OL-10)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi

Pedagang Gudeg di Malioboro Mulai Jualan, tapi Sepi Pembeli

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 21:00 WIB
Sutirah mengaku, sudah berjualan lesehan di Malioboro sejak 1989. Selama pandemi virus korona atau covid-19, ia libur berjualan sejak 20...
MI/Gabriel Langga

Pemkab Terapkan New Normal, Uskup Tetap Kebaktian Live Streaming

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 20:47 WIB
"Semua kegiatan gerejani yang melibatkan orang tetap ditiadakan. Mengingat, jumlah kasus covid-19 di Sikka tertinggi di NTT dengan 27...
antara

PSBB Malang Raya Berakhir Hari ini

👤RO/Micom 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 19:07 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan PSBB Malang Raya berakhir Sabtu (30/5) dan tidak akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya