Kamis 19 Desember 2019, 10:20 WIB

Curah Hujan Februari Bisa Meningkat 4 Kali Lipat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Curah Hujan Februari Bisa Meningkat 4 Kali Lipat

ANTARA/Jaya Kusuma
Kendaraan melintasi banjir di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/12)

 

CURAH hujan pada Februari bisa meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan pada akhir bulan ini. Puncak musim hujan diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika terjadi pada Februari mendatang.

Intensitasnya bisa mencapai 250 mm sampai 300 mm. Jumlah itu empat kali lipat dari intensitas hujan yang terjadi pada Selasa (17/12) lalu yang mencapai 65 mm.

"Pada Februari diprediksi mencapai 250 mm hingga 300 mm," kata Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (18/12).

Baca juga: Segera Lakukan Naturalisasi Sungai

Ia pun mengimbau Pemprov DKI Jakarta mewaspadai hal tersebut. Di sisi lain, Siswanto menyebut, untuk pekan awal Januari, diprediksi akumulasi hujan di Jakarta belum begitu besar.

"Tetapi tetap ada peluang dan perlu diwaspadai curah hujan harian yang tinggi seperti hujan pada Selasa kemarin yang membuat genangan di beberapa lokasi," ungkapnya.

Siswanto menjelaskan genangan dipengaruhi oleh intensitas curah hujan tinggi dan kapasitas lingkungan yang tidak bisa menyerapteruskan air hujan ke dalam tanah (infiltrasi).

Menurutnya, kebijakan sumur resapan sulit untuk mengurangi banjir di Jakarta.

"Karena tutupan beton yang sudah masif di Jakarta kian sulit membuat program sumur resapan berhasil mengurangi genangan," terangnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More