Kamis 19 Desember 2019, 11:10 WIB

Semarak Natal di Jalan Protokol

Selamat Saragih | Megapolitan
 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas dan warga dalam mewujudkan semarak Natal di ruang publik Ibu Kota. Pemprov DKI akan menggelar Christmas Carol dari tanggal 18-20 Desember 2019 di 11 titik ruas jalan protokol dimulai pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.

Mirip dengan perayaan Natal di jalanan Eropa sekaligus menyongsong Jakarta sebagai kota global.

Pada 11 titik Christmas Carol akan digelar di sepanjang Jl Sudirman-MH Thamrin dan stasiun MRT dengan rincian depan Grand Hyatt, terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, depan Sampoerna, depan FX Senayan, depan Mayapada (mulai Jumat), depan Panin (mulai Jumat), Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun MRT Istora, Stasiun MRT Blok M, dan Stasiun MRT Cipete Raya.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Hendra Hidayat mengatakan perayaan ini juga sebagai penanda Jakarta berkeadilan bagi semua umat beragama, mengingat sejumlah perayaan keagamaan telah digelar sebelumnya. Seperti Jakarta Muharram Festival 2019 yang diadakan bagi umat Islam dan Festival Cahaya (Deepavali) 2019/5121 Kaliyuga bagi umat Hindu-India.

"Dalam melaksanakan hal ini, Pemprov DKI berkolaborasi dengan komunitas dan warga. Ini seperti Christmas Carol yang diadakan di sejumlah negara maju, yakni ada penampilan musik bertema Natal di beberapa sudut kota," kata Hendra Hidayat, di Jakarta, kemarin.

Terdapat dua bentuk acara yang bisa dinikmati warga. Pertama, warga dapat menikmati Christmas Carol, yakni penampilan sejumlah komunitas dan paduan suara mahasiswa yang membawakan alunan musik bernuansa Natal. "Bukan hanya dari Jakarta, melainkan juga dari Tangerang dan Bandung, seperti UKUiki, Bluenotes Band, Enjoyable Choir, Mission Youth for Christ Choir (UPH), dan PSM UNPAR," jelas Hendra Hidayat.

Kedua, warga dapat melihat pohon Natal di Thamrin dan Lapangan Banteng pada 18-31 Desember 2019. Pohon Natal setinggi 10 meter ini dibuat dari bahan daur ulang botol dan kain perca, mengangkat nuansa Nusantara. Pohon Natal ini dibuat oleh siswa-siswi SD Tarakanita di seluruh DKI dan jemaah gereja se-Keuskupan Agung DKI Jakarta.

"Pemprov DKI mengundang seluruh komponen masyarakat untuk ikut meramaikan semarak Natal di ruang publik Jakarta. Informasi mengenai pengisi dan jadwal acara akan terus diperbarui di kanal media sosial Pemprov DKI Jakarta," ungkap Hendra Hidayat.

 

Jaga 57 gereja

Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang, di antaranya dengan memprioritaskan pengamanan terhadap 57 gereja di wilayah DKI.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan gereja yang menjadi prioritas pengamanan, yakni bangunan yang berdampingan dengan tempat ibadah agama lain. "Ada beberapa gereja yang kami skala prioritas, ada 57 gereja yang berdekatan dengan tempat ibadah lain," katanya.

Pihak kepolisian juga turut dibantu stakeholder terkait lainnya guna memastikan pengamanan berlangsung teratur dan tertib. Salah satunya, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nadhlatul Ulama.

Polda Metro Jaya mengerahkan 10.000 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru di seluruh wilayah Ibu Kota. Nantinya seluruh personel itu akan disebar di 95 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan yang berfungsi untuk memantau keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.(Ssr/Fer/J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More