Kamis 19 Desember 2019, 07:30 WIB

Razia Pajak di Jakut, Mobil ASN dan Mobil Dinas Terjaring

Yurike Budiman | Megapolitan
Razia Pajak di Jakut, Mobil ASN dan Mobil Dinas Terjaring

MI/PIUS ERLANGGA
Ilustrasi--sidak terhadap kendaraan penunggak pajak

 

SEBANYAK 26 mobil terjaring razia pajak di parkiran kantor Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (18/12). Razia kali ini dilakukan terhadap seluruh kendaraan roda empat mulai dari kendaraan pribadi ASN, tamu, hingga kendaraan dinas operasional.

Razia dilakukan petugas Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah (Suban PRD) bersama Unit Pelaksana Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (UP PKB dan BBNKB) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Kepala UP PKB dan BBNKB Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Robert Lumbuan Tobing, menjelaskan penagihan door to door ini untuk meningkatkan realisasi penerimaan daerah.

"Hari ini, kita melakukan di parkiran gedung pemerintahan. Ini sebagai bukti kami tidak tebang pilih. Dari kegiatan ini, ada 26 kendaraan roda empat yang terjaring dan ditempeli stiker atau diberikan surat tagihan. Penagihan door to door dilakukan untuk meningkatkan realisasi penerimaan daerah dari sektor kendaraan," ujar Robert, Rabu (18/12).

Baca juga: Razia Pajak di Mal, 72 Kendaraan Mewah Terjaring

Tunggakan pajak masing-masing kendaraan tersebut, menurutnya, bervariasi. Ada yang baru lewat satu bulan, tapi ada juga yang diketahui belum membayar pajak selama enam tahun.

"Total potensi pendapatan dari 26 kendaraan yang terjaring mencapai Rp126 juta. Kita juga menyediakan layanan mobil samsat keliling (di kantor Wali Kota) bagi wajib pajak yang ingin melunasi," ujar dia.

Ia mengatakan operasi dengan sistem door to door ini merupakan pola baru dalam proses penagihan penunggak pajak di sektor swasta maupun ASN.

"Kami tidak memandang dari sektor swasta maupun sektor pemerintah. Artinya, seluruh ASN juga menjadi target dalam door to door ini," tegasnya.

Robert mengimbau kepada para ASN yang hari ini terjaring razia, dapat segera menyelesaikan proses pembayaran pajak kendaraannya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More