Kamis 19 Desember 2019, 00:03 WIB

Menhan Prabowo Ungkap Keinginan Perdalam Hubungan dengan Tiongkok

Menhan Prabowo Ungkap Keinginan Perdalam Hubungan dengan Tiongkok

Antara/KBRI Beijing
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China (CMC) Xu Qiliang.

 

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto mengakhiri kunjungan kerja selama empat hari di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China (CMC) Jenderal Xu Qiliang.

Dalam pertemuan yang digelar di Markas Besar Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Beijing, Rabu (18/12), Prabowo menyampaikan keinginan untuk memperdalam hubungan persahabatan dengan Tiongkok.

"Tentunya di bidang pertahanan dan militer, hal ini diwujudkan dengan penguatan dialog dan kerja sama kedua pihak serta dalam upaya menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun yang mendampingi Menhan Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Jenderal Xu Qiliang dalam kesempatan tersebut menyampaikan di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok telah berkembang sangat pesat.

Menurut orang kedua di CMC setelah Xi Jinping itu, kerja sama pertahanan dan militer merupakan bagian terpenting dari hubungan antarkedua negara tersebut.

Oleh karena itu, dia berharap kerja sama pragmatis yang makin meningkat antarkedua pihak terutama jika dikaitkan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok pada 2020.

Selain Dubes Djuhari, saat bertemu Wakil Ketua CMC itu Prabowo didampingi Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI di Beijing Brigjen Kuat Budiman, Sjafrie Sjamsoeddin, dan Suryo Prabowo.

Setelah serangkaian kunjungan di Ibu Kota Tiongkok, Menhan Prabowo langsung bertolak menuju ke Tokyo, Jepang. (X-15)

Baca juga: Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Amerika Serikat

Baca juga: Prabowo Mengaku Masih Belajar Emban Tugas Menhan

Baca juga: Lagi, Menhan Terima Tiga Dubes dalam Sehari

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More