Rabu 18 Desember 2019, 23:35 WIB

Guru Besar UT: Sistem Pembelajaran Online Ciptakan Keadilan

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Guru Besar UT: Sistem Pembelajaran Online Ciptakan Keadilan

Dok. Universitas Terbuka
Peluncuran buku Guru Besar UT

 

SISTEM pembelajaran jarak jauh atau sistem online diyakini mampu menyerap Angka Partisipasi Kasar (APK) lebih baik bagi warga negara Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi. Dengan begitu, diharapkan tercipta sistem pendidikan yang lebih berkeadilan.

“Jika kita mau melayani warga negara Indonesia mencapai APK 100 persen maka berapa banyak kampus yang harus dibangun juga tenaga sumber daya manusia atau SDM yang harus disiapkan. Saat ini baru terserap 33 persen APK mahasiswa kita di tanah air. Dengan sistem biasa tatap muka berapa lama kita akan memberi kesempatan anak bangsa menempuh pendidikan tinggi,,” kata Guru Besar Universitas Terbuka, Tian Belawati, pada Peluncuran Buku Sistem Pembelajaran Online di kampus UT, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/12).

Hemat dia, dengan sistem online pemerintah cukup membangun infrastruktur, yang akan bermanfaat tidak hanya untuk pendidikan juga pengembangan ekonomi dan pariwisata yang tengah digenjot pemerintah.

Bagi Rektor UT Ojat Darojat, sejak didirikan kampus UT memang mendapat amanah guna berkontribusi meeningkatan APK peserta didik untuk pendidikan tinggi melalui UT.

“UT sebagai pelopor pembelajaran jarak jauh dengan sistem online bertugas secara massif untuk meningkatkan APK. UT juga harus terus berinovasi dalam memberi kemerdekaan belajar para mahasiswanya ,” kata Ojat.

Baca juga : Tahun Depan, BAN SM Rekomendasi 114 Sekolah Ditutup

Dia juga berharap dengan karya buku Tian Belawati yang juga pernah menjabat Rektor UT dapat menjadi tradisi baik mengembangkan ilmu pengetahuan tentang pendidikan sistem online yang dituangkan dalam karya buku.

“Semoga karya beliau ini dapat menjadi motivasi para guru besar dan dosen di UT menuangkan karyanya dalam buku, “ tukas Ojat.

Pembicara lainnya dalam peluncuran buku itu, Eko Indrajit berpendapat sistem pembelajaran online lambat tumbuhnya di Indonesia karena kurang dikenal masyarakat.

“Karya buku Prof Tian ini bisa menjadi hadiah untuk kita guna mengenalkan lebih masif sistem online. Seperti pepatah mengatakan tak kenal, maka tak sayang,”tukasnya. (OL-7)

Baca Juga

Istimewa/KLHK

KLHK Gelar Gerakan Cuci Tangan dan Penyemprotan Disinfektan 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 April 2020, 20:01 WIB
Ditjen PPKL, KLHK melakukan sosialisasi mencuci tangan dengan benar, membagikan sabun, dan penyemprotan disinfektan dalam upaya...
Istimewa

Menhub: Terima Kasih Bapak Presiden dan Tim Medis RSPAD

👤Astri Novaria 🕔Kamis 02 April 2020, 18:22 WIB
Dari rekaman video yang beredar, tampak Budi Karya masih menggunakan baju pasien rumah sakit berwarna biru muda dan alat bantu...
Istimewa/KLHK

KLHK: Kasus Karhutla PT Kumai Sentosa Segera Disidangkan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 April 2020, 17:17 WIB
Penanganan kasus Karhutla PT KS terkait dengan kasus kebakaran di lahan perusahaan kebun sawit itu, di Desa Sungai Cabang, Kumai,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya