Rabu 18 Desember 2019, 22:42 WIB

Ke NTB, Anies Tinjau Pemanfaatan Hibah Bantuan Gempa Lombok

Putri Anisa Yuliani | Nusantara
Ke NTB, Anies Tinjau Pemanfaatan Hibah Bantuan Gempa Lombok

Dok. Pemprov DKi
Gubernur DKi Anies Baswedan meinjau bantuan Pemprov DKi untuk gempa lombok

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan, meninjau langsung pemanfaatan dana bantuan Pemprov DKI Jakarta untuk korban gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok, pada Juli-Agustus 2018 lalu.

Anies meninjau SDN 09 Labuan Timur, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, NTB, Rabu (18/12).

Kedatangan rombongan dari Pemprov DKI Jakarta disambut kesenian Kedodak atau Gendang Beleq. Turut menyambut kedatangan Anies di antaranya Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy, serta warga yang hadir memenuhi sekolah yang telah diperbaiki dari dana bantuan Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, saya bersyukur. Setelah diniatkan lama untuk bisa datang ke Lombok Timur, akhirnya hari ini niat itu tertunaikan,” kata Anies.

Menurutnya penyaluran dan pemanfaatan bantuan yang sudah dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat NTB merupakan amanat dari warga Jakarta yang ingin membantu saudara sebangsa yang sedang tertimpa musibah, dalam hal ini bencana alam gempa bumi di Lombok.

Baca juga : Masa Transisi Darurat Bencana Gempa NTB Diperpanjang

“Apa yang diamanatkan dari masyarakat Jakarta telah bisa dimanfaatkan di sini (pascagempa). Memang di Jakarta merupakan tempat berkumpul seluruh orang dari seluruh tanah air. Karena itu, musibah yang dialami saudara sebangsa di manapun juga dirasakan di Jakarta. Mudah-mudahan semua itu memiliki manfaat jangka panjang dan InsyaAllah menjadi amal jariyah warga Jakarta yang memberikan ini semua,” tuturnya.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengaku sangat terkesan dengan masyarakat NTB yang bersemangat bangkit dari bencana alam mengingat, gempa yang terjadi saat itu menimbulkan kerusakan parah.

“Gempa yang kita lihat dulu menggambarkan kerusakan luar biasa. Tetapi, hari ini saya datang ke tempat ini, yang muncul justru masyarakat yang bersemangat, masyarakat yang melihat ke depan, Insya Allah ini tanda masyarakat NTB adalah masyarakat yang tangguh,” ungkapnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1594 Tahun 2018 tentang Pemberian Hibah, Bantuan Sosial dan Bantuan Keuangan Dalam Bentuk Uang Kepada Individu, Keluarga, Masyarakat, Pemerintah Daerah Lain dan Pemerintah Serta Partai Politik Pada Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018, Kabupaten Lombok Timur mendapatkan alokasi bantuan keuangan sebesar Rp10 miliar dan Kabupaten Lombok Utara mendapatkan alokasi bantuan keuangan sebesar Rp19,2 miliar.

Bantuan untuk keduanya telah direalisasikan pada 19 Desember 2018.

Baca juga : Jusuf Kala Geram, Ada Pengusaha Hanya Obral Janji Bantuan Bencana

Sedangkan, dana sumbangan seluruh ASN di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta untuk penanganan bencana gempa bumi di NTB lewat Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 57/SE/2018 tentang Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Gempa Bumi di Provinsi Nusa Tenggara Barat 8 Agustus 2018 sebesar Rp4.447.467.240,- (empat miliar empat ratus empat puluh tujuh juta empat ratus enam puluh tujuh ribu dua ratus empat puluh rupiah).

Bantuan itu dialokasikan untuk pembangunan gedung beserta fasilitas pendukung SMPN 2 Tanjung di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pembangunan tersebut telah selesai dilaksanakan.

Di samping peninjauan pelaksanaan bantuan keuangan Pemprov DKI Jakarta, juga akan dilakukan penyerahan bantuan perangkat komputer dan buku-buku bagi peserta didik di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. (OL-7)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Kejujuran Warga Kunci Sukses Bintuni Cegah Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:15 WIB
Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengatakan bahwa dengan sikap kejujuran masyarakat, pihaknya bersama Gugus Tugas Covid-19 bisa menekan...
Dok. Humas Pemprov Jawa Barat

Aju Data Menyongsong Kenormalan Baru

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:05 WIB
Rumah sakit rujukan RSHS Bandung bersiap membuka layanan selain covid-19. Dari total 300-an tempat tidur, kamar isolasi hanya diisi 14...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Waspadai Gelombang Laut Tinggi

👤LD/RF/AS/BB/RS 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:50 WIB
Tiba-tiba gelombang tinggi datang dan menghempaskan mereka. Korban, yaitu Mujahidin, 22, dan Faidu Rohman, 23, hingga kini belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya