Rabu 18 Desember 2019, 19:55 WIB

Pengamanan Bandara dan Pelabuhan di Sikka Diperketat

Alexander P Taum | Nusantara
Pengamanan Bandara dan Pelabuhan di Sikka Diperketat

MI/Alex Taum
Kabag Ops Polres Sikka, Ajun Komisaris Pol Mus Sinlae.

 

KEPOLISIAN Resor Sikka, Nusa Tenggara Timur, membangun 5 pos pengamanan guna memastikan situasi kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah itu.

Aparat kepolisian setempat juga memperketat pengamanan Bandara dan Pelabuhan Maumere jelang Natal dan Tahun Baru.

Aparat menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) di sejumlah tempat hiburan malam. Dalam operasi pekat, pemilik tempat hiburan malam diimbau untuk menjaga ketertiban dan keamanan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Suasana aman dan nyaman dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Sikka untuk menjalani ibadah Natal dan Tahun Baru.


Baca juga: Cuaca Buruk, Pesawat Ditumpangi Kepala BNPB Gagal Landing


Kepada Media Indonesia, Kabag Ops Polres Sikka, Ajun Komisaris Pol Mus Sinlae, Rabu (18/12) siang, mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru diarahkan di gereja-gereja dan tempat-tempat ibadah lainnya.

"Kami bangun 5 pos pengamanan, yakni di pertigaan Gelora Samador, pos Tugu Tsunami, pos pertokoan, pos Barata, pos pam Pelabuhan L Say, dan pos Bandara Frans Seda Maumere. Untuk pos-pos yang agak rawan dipersiapkan 10 personel yang dibagi per regu," ujar Mus Sinlae.

Disebutkan, Polres Sikka melibatkan kurang lebih 450 personel, dibantu anggota SAR, Kodim 1603, dan Lanal Maumere.

"Untuk kecamatan dan desa-desa dijaga oleh personel yang ada di Polsek," ujarnya.

Bandara Frans Seda Maumere dan Pelabuhan L Say Maumere merupakan pos terpadu mengingat dua tempat tersebut merupakan objek vital yang harus dijaga ketat. Di pos terpadu tersebut dijaga oleh angoota TNI, anggota Polres, SAR, bersama petugas bandara dan petugas pelabuhan.

"Sedangkan pada malam Tahun Baru, kami sudah rapat lintas sektoral bersama pemuka-pemuka agama agar mengimbau kepada masyarakat agar dalam menyambut Tahun Baru 2020 bisa saling menjaga keamanan. Kami meningkatkan pengamanan pada malam pergantian Tahun Baru karena bakal ada kegiatan konser musik di Stadion Gelora Samador Maumere," bebernya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat Kabupaten Sikka, untuk menjaga suasana aman dan nyaman saat melaksanakan syukuran malam pergantian tahun tersebut.

"Jangan membuat keributan. Mari kita sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan di malam Natal dan malam Tahun Baru," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More